STUDI KINERJA SIMPANG BERSINYAL JALAN AHMAD YANI-MT. HAYRONO KOTA KENDARI


WELENDO, LA WELENDO (2008) STUDI KINERJA SIMPANG BERSINYAL JALAN AHMAD YANI-MT. HAYRONO KOTA KENDARI. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
lawelendo-248-1-ps0267 cover.jpg

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
lawelendo-248-1-ps0267 1-2.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
lawelendo-248-1-ps0267 dapus-lam.pdf

Download (806kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
lawelendo-248-1-ps0267.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

LA WELENDO, Studi Kinerja Simpang Bersinyal Jalan Ahmad Yani-MT. Haryono Kota Kendari (dibimbing oleh Herman Parung dan Rudy Jamaluddin).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat hambatan samping yang terjadi pada simpang Ahmad Yani-MT. Haryono, untuk mengetahui kinerja simpang jalan Ahmad Yani-MT. Haryono, mengetahui tingkat arus lalu lintas yang terjadi pada jaringan jalan disekitar simpang Ahmad Yani MT. Haryono, untuk merumuskan strategi penangan permasalahan simpang yang terjadi saat ini. Data dianalisis dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997).
Hasil penelitian tingkat hambatan samping yang terjadi pada simpang Ahmad Yani-MT. Haryono menujukan bahwa ruas jalan Ahmad Yani pendekat (A) hambatan samping sedang, ruas jalan MT. Haryono pendekat (B) hambatan samping sangat tinggi, ruas jalan Ahmad Yani pendekat (C) hambatan samping sangat tinggi, ruas jalan Budi Utomo pendekat (D) hambatan samping rendah. Faktor yang menimbulkan tingginya hambatan samping adalah kendaraan parkir, pejalan kaki serta kendaraan masuk dan keluar sisi jalan. Derajat kejenuhan simpang menujukan 0.83 NVK>0.75 dan tundaan simpang rata -rata 37.65 detik/smp yang menujukan tingkat pelayanan berada pada level D. Faktor yang mempengaruhi kinerja simpang adalah volume lalu lintas, lebar lajur lalu lintas, penggunaan waktu siklus, serta penggunaan fase sinyal yang ada. Titik jam puncak arus lalu lintas terjadi pada pukul 16.00-17.00 pada hari senin 3929 smp/jam. Hal ini dipengaruhi oleh kendaraan pribadi dan sepeda motor yang melakukan aktifitas pergerakan disekitar simpang merupakan kawasan perda gangan dan jasa. Strategi penanganan dengan adanya pengalihan kendaraan pribadi, sepeda motor serta kendaraan berat pada jam puncak pagi-sore melalui ruas jalan MT. Haryono pada pendekat (B) hal ini dapat menaikan kapasitas dan tingkat pelayanan simpang berada pada level (C).

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 May 2021 05:56
Last Modified: 20 May 2021 05:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/4404

Actions (login required)

View Item
View Item