Efektivitas Pengelolaan Corporate Social Responsibility (CSR) pada PT Huadi Nickel Alloy Indonesia di Wilayah Pesisir Kabupaten Bantaeng = Effectiveness of Corporate Social Responsibility (CSR) Management at PT Huadi Nickel Alloy Indonesia in the Coastal Area of Bantaeng Regency


Muhammad, Nur Alifhia (2024) Efektivitas Pengelolaan Corporate Social Responsibility (CSR) pada PT Huadi Nickel Alloy Indonesia di Wilayah Pesisir Kabupaten Bantaeng = Effectiveness of Corporate Social Responsibility (CSR) Management at PT Huadi Nickel Alloy Indonesia in the Coastal Area of Bantaeng Regency. Thesis thesis, UNIVERSITAS HASANNUDDIN.

[thumbnail of E012222018_tesis_31-12-2024  bab 1-2.pdf] Text
E012222018_tesis_31-12-2024 bab 1-2.pdf

Download (940kB)
[thumbnail of E012222018_tesis_31-12-2024 cover1.jpg]
Preview
Image
E012222018_tesis_31-12-2024 cover1.jpg

Download (325kB) | Preview
[thumbnail of E012222018_tesis_31-12-2024 dp.pdf] Text
E012222018_tesis_31-12-2024 dp.pdf

Download (873kB)
[thumbnail of E012222018_tesis_31-12-2024.pdf] Text
E012222018_tesis_31-12-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 February 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan pengelolaan Corporate Social Responsibility pada PT Huadi Nickel Alloy Indonesia di Wilyaha Peisisr Kabupaten Bantaeng dan (2) mendeskripsikan sejauhmana efektivitas dalam pengelolaan Corporate Social Responsibility (CSR) pada PT Huadi Nickel Alloy Indonesia di Wilayah Pesisir Kabupaten Bantaeng. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian yakni di sekitar Kawasan Industri Bantaeng yaitu PT Huadi Nickel Alloy Indonesia dan wilayah sekitarnya. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi langsung, serta pengumpulan dokumen dari berbagai sumber media cetak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengelolaan program Corporate Social Responsibility (CSR) oleh PT Huadi Nickel Alloy Indonesia di wilayah pesisir berdasarkan 3 (tiga) indikator menurut teori Richard M. Steers yaitu: (1) Pencapaian Tujuan, di mana pendistribusian program CSR yang dilaksanakan masih belum mencakup seluruh masyarakat yang membutuhkan, sehingga distribusinya belum merata; (2) Integrasi, yang menunjukkan bahwa komunikasi antara perusahaan dan masyarakat masih kurang optimal. Masyarakat masih merasa tidak terpenuhi kebutuhannya dari program CSR ini, sehingga diperlukan pendekatan yang lebih persuasif untuk lebih memahami kebutuhan nyata masyarakat di sekitar wilayah perusahaan; dan (3) Adaptasi, di mana program CSR yang difokuskan pada pendistribusian air bersih sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Namun, proses distribusinya masih belum optimal, yang menyebabkan terjadinya konflik di antara warga sekitar kawasan industri.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Corporate Social Responsibility, Masyarakat
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 15 Apr 2025 06:20
Last Modified: 15 Apr 2025 06:20
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/43947

Actions (login required)

View Item
View Item