Muh. Fitrah, Ramadhani Ramsan (2025) ANALISIS ANTRIAN KENDARAAN PADA GATE/PINTU KELUAR BANDAR UDARA SULTAN HASANUDDIN MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin Makassar.
![[thumbnail of D011201109_skripsi_31-12-2024 bab 1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
D011201109_skripsi_31-12-2024 bab 1-2.pdf
Download (901kB)
![[thumbnail of D011201109_skripsi_31-12-2024 cover1.jpg]](/43898/2.hassmallThumbnailVersion/D011201109_skripsi_31-12-2024%20cover1.jpg)

D011201109_skripsi_31-12-2024 cover1.jpg
Download (235kB) | Preview
![[thumbnail of D011201109_skripsi_31-12-2024 dp.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
D011201109_skripsi_31-12-2024 dp.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of D011201109_skripsi_31-12-2024.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
D011201109_skripsi_31-12-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 February 2027.
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Bandara Sultan Hasanuddin merupakan salah satu bandara yang berstandar internasional yang ada di Indonesia. Bandara ini memiliki peran penting sebagai pintu masuk utama ke wilayah Indonesia bagian timur yang juga mendukung kegiatan perekonomian, pariwisata serta mobilitas masyarakat. Sehingga, bandara Sultan Hasanuddin merupakan infrastruktur vital yang mendorong berbagai aspek kehidupan di Sulawesi Selatan dan juga Indonesia bagian timur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kedatangan kendaraan dan waktu pelayanan pada pintu gate/pintu keluar bandar udara Sultan Hasanuddin dan menganalisis panjang antrian, waktu tunggu dan waktu antrian kendaraan pada gate/pintu keluar bandar udara Sultan Hasanuddin. Data tersebut dianalisis menggunakan disiplin antrian FIFO dimana parameter yang dihitung adalah panjang antrian, waktu tunggu dan waktu antrian kendaraan pada loket pintu keluar Bandara Sultan Hasanuddin. Tingkat kedatangan pada hari kerja untuk gate mobil sebesar 413 kendaraan/jam dan untuk gate motor sebesar 175 kendaraan/jam. Sedangkan pada hari libur untuk gate mobil sebesar 417 kendaraan/jam dan untuk gate motor sebesar 155 kendaraan/jam. Waktu pelayanan pada hari kerja untuk gate mobil sebesar 10.857 detik dan untuk gate motor sebesar 8.003 detik, sedangkan pada hari libur untuk gate mobil waktu pelayanannya sebesar 10.7 detik dan untuk gate motor sebesar 7.9 detik. Panjang antrian pada hari kerja untuk gate mobil dan motor sebesar 1 kendaraan, waktu tunggu dalam sistem sebesar 14 detik dan waktu tunggu dalam antrian sebesar 3 detik untuk gate mobil dan untuk gate motor waktu tunggu dalam sistem sebesar 10 detik dan waktu tunggu dalam antrian sebesar 2 detik. Pada hari libur, panjang antrian untuk gate mobil dan gate motor sebesar 1 kendaraan, waktu tunggu dalam sistem sebesar 14 detik dan waktu tunggu dalam antrian adalah sebesar 3 detik dan untuk gate waktu tunggu dalam sistem sebesar 10 detik dan waktu tunggu dalam antrian sebesar 2 detik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 01:29 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 01:29 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/43898 |