Otniel, Oksar (2024) Studi Tahanan Kapal Catamaran Dengan Variasi Jarak Lambung Asimetris Flat Side Outside Menggunakan Maxsurf = Study of Catamaran Ship Resistance With Variation of Asymmetric Hull Distance Flat side Outside Using Maxsurf. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of D031201001_skripsi_02-01-2025 bab 1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
D031201001_skripsi_02-01-2025 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of D031201001_skripsi_02-01-2025 cover1.jpg]](/43774/2.hassmallThumbnailVersion/D031201001_skripsi_02-01-2025%20cover1.jpg)

D031201001_skripsi_02-01-2025 cover1.jpg
Download (288kB) | Preview
![[thumbnail of D031201001_skripsi_02-01-2025 dp.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
D031201001_skripsi_02-01-2025 dp.pdf
Download (821kB)
![[thumbnail of D031201001_skripsi_02-01-2025.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
D031201001_skripsi_02-01-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 February 2027.
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Tahanan dalam dunia perkapalan merupakan suatu hal yang teramat penting untuk dikalkulasikan secara tepat karena sangat berkaitan dengan penentuan daya mesin yang bekerja di atas kapal. Oleh karena itu, penting untuk menentukan besar tahanan suatu kapal untuk mengetahui estimasi kebutuhan daya yang efektif agar kapal bisa bergerak sesuai dengan kecepatan yang direncanakan. Berbagai bentuk desain kapal dikembangkan untuk memenuhi kriteria desain kapal catamaran yang optimum, salah satunya adalah kapal catamaran dengan bentuk Lambung Asimetris Flat Side Outside. Selain itu, jarak antar lambung dapat mempengaruhi performa dari kapal catamaran. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan besar perubahan tahanan kapal catamaran terhadap variasi jarak antar lambung dengan bentuk Lambung Asimetris Flat Side Outside. Penelitian ini dilakukan dibeberapa variasi jarak antar lambung yaitu jarak 0,7 m, 1,2 m, 2,2 m, 2,7 m dan 3,2 m, kemudian digunakan 5 kecepatan kapal yaitu 10 knot; 11 knot; 12 knot; 13 knot; dan 14 knot. Perhitungan tahanan dari setiap jarak antar lambung tersebut dilakukan dengan jenis peneletian berbasis simulasi numerik menggunakan software maxsurf untuk mendapatkan nilai tahanan pada kapal catamaran dengan berbagai jarak lambung Asimetris Flat Side Outside. Dari hasil penelitian Rata-rata persentase perubahan nilai tahanan setiap variasi jarak antar lambung kapal catamaran jika dibandingkan dengan nilai tahanan jarak antar lambung bentuk awal kapal catamaran dengan jarak 1,7 m yaitu untuk variasi 1 dengan jarak 0,7 m sebesar 21,9%, untuk variasi 2 dengan jarak 1,2 m sebesar 12,1%, untuk variasi 3 dengan jarak 2,2 m sebesar 13,6%, untuk variasi 4 dengan jarak 2,7 m sebesar 27,6% dan untuk variasi 5 dengan jarak 3,2 m sebesar 40,9%, hasil tersebut mengartikan bahwa semakin besar pertambahan atau pengurangan jarak antar lambung akan mempengaruhi besaran persentase perubahan nilai tahanan kapal catamaran Asimetris Flat Side Outside.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Catamaran; Asimetris Flat Side Outside; Tahanan; Maxsurf |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 09 Apr 2025 05:00 |
Last Modified: | 09 Apr 2025 05:00 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/43774 |