Widaningsih, Yuyun (2024) ERSEPSI MAHASISWA PROGRAM PENDIDIKAN DOKTER SPESIALIS ILMU PATOLOGI KLINIK TERHADAP LINGKUNGAN BELAJAR: SEBUAH STUDI MULTI METODOLOGI = STUDENT PERCEPTIONS OF THE LEARNING ENVIRONMENT IN THE SPECIALIST PROGRAM OF CLINICAL PATHOLOGY: A MULTIMETHODOLOGICAL STUDY. Thesis thesis, UNIVERSITAS HASANNUDDIN.
![[thumbnail of Cover]](/43650/2.hassmallThumbnailVersion/C012222009_tesis_14-01-2025%20cover1.jpg)

C012222009_tesis_14-01-2025 cover1.jpg
Download (238kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
C012222009_tesis_14-01-2025 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
C012222009_tesis_14-01-2025 dp.pdf
Download (690kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
C012222009_tesis_14-01-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 October 2027.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan memberikan wawasan mendalam tentang persepsi mahasiswa terhadap lingkungan pembelajaran di FK Unhas, serta rekomendasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan multi metodologi dengan desain explanatory sequential. Data kuantitatif dikumpulkan menggunakan kuesioner Dundee Ready Educational Environment Measure (DREEM) dan data kualitatif dikumpulkan melalui Focus Group Discussion (FGD). Sampel terdiri dari 92 mahasiswa untuk survei kuantitatif dan 9 mahasiswa untuk FGD. Hasil: Hasil kuantitatif metode DREEM menunjukkan mahasiswa memiliki persepsi lingkungan pembelajaran secara positif sebesar 46,74% dan sangat positif sebesar 53,26%, dengan domain lingkungan sosial memiliki mean paling rendah sebesar 19,84%. Namun, metode kualitatif FGD menunjukkan adanya ketidakpuasan, terutama terkait interaksi yang kurang baik antara mahasiswa dan dosen serta kurang optimalnya sarana dan prasarana. Kurangnya dinamika dalam atmosfer akademik juga menghambat motivasi dan keterlibatan akademik mereka, yang berpotensi mempengaruhi kinerja akademik mereka secara keseluruhan. Kesimpulan: Persepsi MPPDS Patologi Klinik lebih pada kurang optimalnya lingkungan sosial, baik aspek teknis dan aspek non teknis. Rekomendasi yang diberikan adalah peningkatan fasilitas pendidikan, peningkatan kompetensi dosen melalui pelatihan, dan membuat jadwal kegiatan pembelajaran yang lebih teratur.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan Pembelajaran, Persepsi Mahasiswa, DREEM, FGD |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RB Pathology |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kedokteran > Ilmu Kedokteran |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 02:03 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 02:03 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/43650 |