PERLINDUNGAN KONSUMEN PENERBITAN KARTU KREDIT TANPA PERSETUJUAN NASABAH = CONSUMER PROTECTION ISSUING CREDIT CARDS WITHOUT CUSTOMER CONSENT


Afrianti, Fenny (2024) PERLINDUNGAN KONSUMEN PENERBITAN KARTU KREDIT TANPA PERSETUJUAN NASABAH = CONSUMER PROTECTION ISSUING CREDIT CARDS WITHOUT CUSTOMER CONSENT. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B022202008_tesis_14-01-2025 cover1.jpg

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B022202008_tesis_14-01-2025 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B022202008_tesis_14-01-2025 dp.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B022202008_tesis_14-01-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 November 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis perlindungan hukum nasabah yang tidak melakukan permohonan kartu kredit pada Bank dan (2) menganalisis pertanggungjawaban Bank atas kerugian Pemegang Kartu Kredit yang tidak pernah melakukan permohonan kartu kredit. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empiris, dengan sumber data primer yang diperoleh dengan melakukan wawancara dengan narasumber, serta data sekunder yang diperoleh dari bahan hukum mencangkup peraturan perundang-undangan dan jurnal hukum yang berkaitan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Perlindungan hukum bagi nasabah bank yang menerima kartu kredit tanpa permohonan dapat ditinjau melalui perlindungan hukum secara preventif dengan memberikan kesempatan kepada nasabah untuk mengajukan keberatan secara langsung kepada Bank atas permasalahan yang terjadi akibat dari terbitnya kartu kredit. (2) Pertanggungjawaban Bank atas kerugian yang dialami oleh nasabah penerima kartu kredit, dapat ditindaki dan diselesaikan secara langsung atas dasar adanya pelaporan kerugian yang dialami nasabah, sehingga dalam hal ini nasabah sebagai pengguna jasa pada Bank dituntut untuk kooperatif dan dapat menyampaikan informasi-informasi terkait dengan kerugian yang dialami.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Bank, Konsumen, Kartu Kredit
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Kenotariatan
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 20 Mar 2025 06:22
Last Modified: 07 May 2025 06:16
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/43487

Actions (login required)

View Item
View Item