Afrianti, Fenny (2025) PERLINDUNGAN KONSUMEN PENERBITAN KARTU KREDIT TANPA PERSETUJUAN NASABAH. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin Makassar.
![[thumbnail of B022202008_tesis_14-01-2025 cover1.jpg]](/43487/1.hassmallThumbnailVersion/B022202008_tesis_14-01-2025%20cover1.jpg)

B022202008_tesis_14-01-2025 cover1.jpg
Download (331kB) | Preview
![[thumbnail of B022202008_tesis_14-01-2025 bab 1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
B022202008_tesis_14-01-2025 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of B022202008_tesis_14-01-2025 dp.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
B022202008_tesis_14-01-2025 dp.pdf
Download (108kB)
![[thumbnail of B022202008_tesis_14-01-2025.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
B022202008_tesis_14-01-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 February 2077.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis perlindungan hukum nasabah yang tidak melakukan permohonan kartu kredit pada Bank dan (2) menganalisis pertanggungjawaban Bank atas kerugian Pemegang Kartu Kredit yang tidak pernah melakukan permohonan kartu kredit. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empiris, dengan sumber data primer yang diperoleh dengan melakukan wawancara dengan narasumber, serta data sekunder yang diperoleh dari bahan hukum mencangkup peraturan perundang-undangan dan jurnal hukum yang berkaitan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Perlindungan hukum bagi nasabah bank yang menerima kartu kredit tanpa permohonan dapat ditinjau melalui perlindungan hukum secara preventif dengan memberikan kesempatan kepada nasabah untuk mengajukan keberatan secara langsung kepada Bank atas permasalahan yang terjadi akibat dari terbitnya kartu kredit. (2) Pertanggungjawaban Bank atas kerugian yang dialami oleh nasabah penerima kartu kredit, dapat ditindaki dan diselesaikan secara langsung atas dasar adanya pelaporan kerugian yang dialami nasabah, sehingga dalam hal ini nasabah sebagai pengguna jasa pada Bank dituntut untuk kooperatif dan dapat menyampaikan informasi-informasi terkait dengan kerugian yang dialami.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Hukum > Kenotariatan |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 06:22 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 06:22 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/43487 |