Makna dan Kategori Idiom pada Penulisan Judul Berita di Media Daring Indonesia: Kajian Semantik


Najamuddin, Nadila (2024) Makna dan Kategori Idiom pada Penulisan Judul Berita di Media Daring Indonesia: Kajian Semantik. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.

[thumbnail of F011201032_skripsi_14-10-2024 bab 1-2.pdf] Text
F011201032_skripsi_14-10-2024 bab 1-2.pdf

Download (879kB)
[thumbnail of F011201032_skripsi_14-10-2024 cover.jpg]
Preview
Image
F011201032_skripsi_14-10-2024 cover.jpg

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of F011201032_skripsi_14-10-2024 dp.pdf] Text
F011201032_skripsi_14-10-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of F011201032_skripsi_14-10-2024.pdf] Text
F011201032_skripsi_14-10-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 October 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Judul berita di media daring Indonesia dijadikan sebagai objek penelitian karena ditemukan banyak penulisan judul berita daring yang menggunakan idiom. Banyak kata yang beridiom ditemukan, namun sepenuhnya belum dimengerti maknanya secara mendalam. Masyarakat hanya mengulas sedikit dari apa yang dibaca tanpa memperdalam maksud. Idiom tidak bisa diartikan maknanya secara harfiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan adanya penggunaan idiom berbentuk frasa yang bermakna idiom penuh dan yang bermakna idiom sebagian pada penulisan judul berita di media daring Indonesia serta kategori kata yang terdapat pada idiom tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari judul berita di media daring Indonesia yang sudah valid dan ternama seperti Kompas, Tribunnews, Republika, dan detikNews. Pengumpulan data dilakukan melalui metode simak, teknik catat, dan teknik tangkap layar. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan penggunaan idiom pada penulisan judul berita di media daring Indonesia selama periode 2023. Pemberitaan di media daring pada tahun 2024 masih menggunakan idiom yang ada pada judul berita periode 2023. Penggunaan idiom pada judul berita tersebut didominasi idiom penuh. Sampel data terdapat 35 idiom yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat penggunaan idiom pada penulisan judul berita daring, sebanyak 20 data yang bermakna idiom penuh dan 15 data yang bermakna idiom sebagian. Masing-masing dari idiom tersebut memiliki kategori kata tertentu di antaranya, verba, nomina, dan adjektiva.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 11 Mar 2025 04:36
Last Modified: 11 Mar 2025 04:36
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/43282

Actions (login required)

View Item
View Item