STRATEGI PEMASARAN DALAM PENINGKATAN EKSPOR UMKM BINAAN BERORIENTASI EKSPOR BANK INDONESIA KANTOR PERWAKILAN PROVINSI SULAWESI SELATAN MASA TAHUN BINAAN 2023 = MARKETING STRATEGIES FOR INCREASING EXPORTS OF EXPORT- ORIENTED SMEs MENTORED BY BANK INDONESIA REPRESENTATIVE OFFICE OF SOUTH SULAWESI PROVINCE DURING THE 2023 MENTORING PERIOD


Al-ghifari, Muh. Zakwan (2024) STRATEGI PEMASARAN DALAM PENINGKATAN EKSPOR UMKM BINAAN BERORIENTASI EKSPOR BANK INDONESIA KANTOR PERWAKILAN PROVINSI SULAWESI SELATAN MASA TAHUN BINAAN 2023 = MARKETING STRATEGIES FOR INCREASING EXPORTS OF EXPORT- ORIENTED SMEs MENTORED BY BANK INDONESIA REPRESENTATIVE OFFICE OF SOUTH SULAWESI PROVINCE DURING THE 2023 MENTORING PERIOD. Skripsi thesis, Universitas HasanuddiN.

[thumbnail of A021201072_skripsi_16-01-2025  bab 1-2.pdf] Text
A021201072_skripsi_16-01-2025 bab 1-2.pdf

Download (751kB)
[thumbnail of A021201072_skripsi_16-01-2025 cover1.jpg]
Preview
Image
A021201072_skripsi_16-01-2025 cover1.jpg

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of A021201072_skripsi_16-01-2025 dp.pdf] Text
A021201072_skripsi_16-01-2025 dp.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of A021201072_skripsi_16-01-2025.pdf] Text
A021201072_skripsi_16-01-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 February 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh UMKM Binaan Berorientasi Ekspor BI KPw Sulsel untuk meningkatkan ekspornya dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik wawancara
tidak terstruktur terhadap empat UMKM Binaan Berorientasi Ekspor BI KPw Sulsel, yakni CV EIWA Fashion, PT Bumi Runut Bersama, CV Leluhur Abadi Coffee, dan CV LARS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CV EIWA Fashion perlu menerapkan strategi pemasaran yang mengoptimalkan kegiatan pemasaran
online dan offline, alokasi modal, serta adopsi teknologi baru. PT Bumi Runut Bersama perlu mengimplementasikan strategi yang berfokus pada kolaborasi dengan kompetitor, peningkatan pengawasan kualitas, diversifikasi pemasok, dan optimalisasi program pembinaan ekspor. CV Leluhur Abadi Coffee perlu mengimplementasikan strategi diversifikasi pemasok, kolaborasi dengan kompetitor, kerja sama dengan petani, serta pelatihan sumber daya manusia untuk menjaga stabilitas pasokan dan kualitas produk. CV LARS perlu menerapkan strategi yang menekan biaya logistik, mengoptimalkan penggunaan sumber daya, dan melakukan pengelolaan keuangan yang efisien melalui pemanfaatan
banyaknya pemasok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Bauran Pemasaran, Peningkatan Ekspor, UMKM
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 10 Mar 2025 05:54
Last Modified: 10 Mar 2025 05:54
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/43272

Actions (login required)

View Item
View Item