Pemodelan Regresi 2-Level dengan Metode Iterative Generalized Least Square (Studi Kasus: Rata-Rata Nilai UN SMP di Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2019)


Annaufal, Laode Muhammad Iklil (2022) Pemodelan Regresi 2-Level dengan Metode Iterative Generalized Least Square (Studi Kasus: Rata-Rata Nilai UN SMP di Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2019). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of H051171307_skripsi_30-12-2022 COVER1.jpg]
Preview
Image
H051171307_skripsi_30-12-2022 COVER1.jpg

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of H051171307_skripsi_30-12-2022 BAB 1-2.pdf] Text
H051171307_skripsi_30-12-2022 BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of H051171307_skripsi_30-12-2022 DP.pdf] Text
H051171307_skripsi_30-12-2022 DP.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of H051171307_skripsi_30-12-2022.pdf] Text
H051171307_skripsi_30-12-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Analisis regresi 2-level merupakan salah satu analisis yang menduga hubungan antara variabel yang diamati pada level-level yang berbeda dalam struktur data hirarki. Selain itu, regresi 2-level juga mengatasi pelanggaran asumsi homoskedastisitas dan non autokorelasi pada regresi klasik. Salah satu metode pendugaan parameter dalam regresi 2-level yang efisien adalah Iterative Generalized Least Square (IGLS). Metode IGLS menduga matriks varian kovarian (V) yang tidak diketahui pada metode generalized least square. Matriks varian kovarian diduga secara iterative dengan nilai toleransi kekonvergenan sebesar 10^(-1). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi rata-rata nilai Ujian Nasional (UN) SMP di Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2019 sebagai variabel respon. Variabel prediktor pada level 1 yaitu jumlah peserta UN (X1), jumlah peserta didik (X2), dan jumlah rombongan belajar (X3). Sedangkan variabel prediktor level 2 yaitu angka partisipasi kasar (Z1), rata-rata lama sekolah (Z2), dan angka harapan lama sekolah (Z3). Hasilnya adalah faktor-faktor yang berpengaruh signifikan pada taraf 5% yaitu jumlah peserta didik, interaksi antara jumlah peserta UN dengan angka harapan lama sekolah dan interaksi antara jumlah rombongan belajar dengan rata-rata lama sekolah. Kedua interaksi tersebut memberikan pengaruh positif masing-masing sebesar 0.004 dan 0.123. Sedangkan, jumlah peserta didik memberikan pengaruh negatif sebesar 0.009.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 07 Mar 2025 02:19
Last Modified: 07 Mar 2025 02:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/43115

Actions (login required)

View Item
View Item