PROGRAM LITERASI KELAS AWAL UNICEF DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI PAPUA


Karunia Mangiri, Gabriela (2025) PROGRAM LITERASI KELAS AWAL UNICEF DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI PAPUA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin Makassar.

[thumbnail of E061201072_skripsi_10-09-2024 bab 1-2.pdf] Text
E061201072_skripsi_10-09-2024 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of E061201072_skripsi_10-09-2024 cover1.jpg]
Preview
Image
E061201072_skripsi_10-09-2024 cover1.jpg

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of E061201072_skripsi_10-09-2024 dp.pdf] Text
E061201072_skripsi_10-09-2024 dp.pdf

Download (539kB)
[thumbnail of E061201072_skripsi_10-09-2024.pdf] Text
E061201072_skripsi_10-09-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 August 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Gabriela Karunia Mangiri. 2020. E061201072. “Program Literasi Kelas Awal Unicef dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan di Papua.” Pembimbing I : Drs. Munjin Syafik Asy’ari, M.Si. Pembimbing II : Ishaq Rahman, S.IP, M.Si. Departemen Ilmu Hubungan Internasional. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Hasanuddin. Literasi Kelas Awal atau Early Grade Literacy (EGL) merupakan program yang diusulkan Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), dengan dukungan dari United Nations Children's Fund (UNICEF) dalam upaya peningkatan kemampuan dasar baca tulis khususnya di Provinsi Papua dan Papua Barat sejak 2015. Dengan metode program pengajaran yang berfokus pada pengembangan kapasitas guru melalui pelatihan dan pendampingan; penyediaan materi pembelajaran yang kontekstual; mobilisasi masyarakat dan advokasi kebijakan untuk skalabilitas, melalui penentuan prioritas sumber daya pemerintah daerah untuk mendorong pembangunan berkelanjutan.Metode penelitian yang diterapkan dalam skripsi ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Untuk memberikan gambaran rinci terhadap permasalahan penelitian, penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan studi literatur. Kemudian, dilakukan analisis guna menghasilkan kesimpulan terhadap pertanyaan penelitian yang telah ditetapkan Hasil dari artikel ini menunjukkan sejauh mana implementasi yang dilakukan secara khusus di Kabupaten Merauke dan apa saja tantangan yang dihadapi. Adapun dalam implementasinya sejauh ini sudah terlihat adanya peningkatan kemampuan membaca dan menulis yang ditunjukkan melalui hasil tes EGRA baseline dan endline program pada tahun ajaran 2021 − 2022, terdapat pula perubahan dan inovasi metodologi pembelajaran dengan sembilan materi utama EGL serta keterlibatan orang tua yang mendorong bersama terciptanya keberhasilan dalam peningkatan literasi dan memberikan dampak jangka panjang terpenuhinya pendidikan berkualitas. Namun program ini masih perlu dukungan banyak pihak seperti pemerintah daerah setempat dalam hal ini Pemerintah Daerah Kabupaten Merauke.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 05 Mar 2025 01:59
Last Modified: 05 Mar 2025 01:59
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/42892

Actions (login required)

View Item
View Item