Sukmawan Sukri, M. Akbar (2024) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PENGGUNA JASA TRANSPORTASI UMUM TEMAN BUS MAKASSAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.
![[thumbnail of B011191254_skripsi_21-10-2024 bab 1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
B011191254_skripsi_21-10-2024 bab 1-2.pdf
Download (874kB)
![[thumbnail of B011191254_skripsi_21-10-2024 cover1.jpg]](/42812/2.hassmallThumbnailVersion/B011191254_skripsi_21-10-2024%20cover1.jpg)

B011191254_skripsi_21-10-2024 cover1.jpg
Download (382kB) | Preview
![[thumbnail of B011191254_skripsi_21-10-2024 dp.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
B011191254_skripsi_21-10-2024 dp.pdf
Download (76kB)
![[thumbnail of B011191254_skripsi_21-10-2024.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
B011191254_skripsi_21-10-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 October 2026.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
M. AKBAR SUKMAWAN SUKRI (B011191254) “Perlindungan Hukum Bagi Pengguna Jasa Transportasi Umum Teman Bus Makassar”. Dibawah bimbingan Aulia Rifai sebagai Pembimbing Utama dan Fadilla Jamila sebagai Pembimbing Pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pemenuhan hak terhadap pengguna jasa transportasi Teman Bus Makassar dan menelaah tanggung jawab operator Teman Bus Makassar jika terjadi kerugian yang diderita pengguna jasa transportasi Teman Bus Makassar Penelitian ini menggunakan tipe penelitian hukum empiris. Lokasi penelitian di Kota Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah penelitian lapangan dan studi kepustakaan. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif, yaitu menggambarkan, menguraikan berdasarkan informasi dan data yang telah diperoleh penulis untuk menjawab permasalahan yang diteliti. Hasil penelitian, yaitu 1) Pada dasarnya pelayanan yang diberikan Teman Bus Kota Makassar telah memenuhi beberapa hak-hak konsumen yang terdapat pada UUPK. Namun masih terdapat hak-hak konsumen yang belum terpenuhi, misalnya pelayanan bagi penyandang disabilitas, manusia usia lanjut dan wanita hamil karena armada yang digunakan masih terus dalam pengembangan agar sesuai dengan standar yang ditetapkan undang-undang terkait. Kemudian belum diperbaharuinya informasi mengenai titik pemberhentian Teman Bus Kota Makassar baik yang terdapat pada aplikasi maupun yang terdapat di dalam bus karena adanya penolakan dari angkutan kota. Lalu tidak menindaklanjuti keluhan pengguna jasa mengenai pelayanan Teman Bus Kota Makassar karena masih terdapatnya oknum sopir yang tidak melaksanakan (SOP). 2) Operator Teman Bus Kota Makassar bertanggung jawab atas kerugian yang diderita penumpang seperti dengan menindak sopir yang melanggar SOP dalam melaksanakan tugas dengan memberikan teguran sesuai dengan sistem yang terdapat di dalam perusahaan. Kemudian bertanggung jawab terhadap barang bawaan penumpang yang ketinggalan dengan mengamankan barang bawaan tersebut dan menunggu penumpang untuk menghubungi pihak Teman Bus Kota Makassar untuk dikembalikan. Selain hal di atas, belum ada keluhan konsumen kepada operator Teman Bus Kota Makassar namun mereka akan bertanggung jawab apabila terdapat kemungkinan kerugian pengguna jasa dikemudian hari seperti kecelakaan ataupun bus yang berhenti mendadak di jalan dalam proses pengangkutan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 00:51 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 00:51 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/42812 |