Hasjim, Rachmi (2024) PENGARUH KEPUASAN PASIEN TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT INAP DI RSUP Dr. TADJUDDIN CHALID KOTA MAKASSAR = THE INFLUENCE OF PATIENT SATISFACTION ON THE LOYALTY OF INPATIENT PATIENTS AT Dr . TADJUDDIN CHALID HOSPITAL MAKASSAR CITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/42789/2.hassmallThumbnailVersion/K052221003_tesis_05-07-2024%20cover1.jpg)

K052221003_tesis_05-07-2024 cover1.jpg
Download (415kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
K052221003_tesis_05-07-2024 bab I-II.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](/style/images/fileicons/text.png)
K052221003_tesis_05-07-2024 dapus.pdf
Download (931kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
K052221003_tesis_05-07-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 April 2026.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Kepuasan pasien mencerminkan sikap pasien terhadap perawatan terdiri dari emosi dan persepsi terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan kepada mereka, karena kepuasan pasien akan mempengaruhi loyalitas pasien. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien rawat inap di RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Kota Makassar. Metode. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kuantitatif cross-sectional yang berarti penelitian dilakukan pada waktu yang sama. Penelitian ini mengambil sampel dari 9.526 pasien rawat inap pada tahun2022. Menghitung ukuran sampel meggunakan rumus lemeshow dan mengambil 276 oraqng sebagai sampel. Tekhnik pengambilan sampel accidental, atau secara kebetulan, digunakan dalam pengambilan sampel. Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehandalan(reliablity) dan loyalitas pasien berhubungan dengan hasil uji statistik (p=0,000), jaminan (Assurance)berhubungan dengan loyalitas pasien dengan hasil uji statistik (p=0,000)dan empaty berhubungaqn dengan loyalitaqs pasien pasien dengan hasil uji statistik(p=0,000).Namun, tidak ada hubungan yang siginifikan antara bukti fisik(tangible) dqan loyalitas pasien dengan hasil uji statistik. Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada korelasi yang signifikan antara bukti fisik dan daya tanggap terhadap loyalitas pasien di RSUP.Dr. Tadjuddin Chalid Kota Makassar. Sebaliknya variabel kehandalan, jaminan,dan empaty memiliki korelasi yang siginifikan terhadap loyalitas pasien.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan pasien, loyalitaqs pasien,kualitas pelayanan kesehatan,jaminan,empati. |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan |
Depositing User: | Andi Milu |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 06:34 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 06:34 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/42789 |