CAHYANI, ANDI WULANDARI NUR (2024) Efektivitas Penanganan Laporan Pengaduan SP4N-Lapor! di Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sulawesi Selatan = Effectiveness of Handling SP4N-Lapor! Complaint Reports At the Department of Highways and Construction Development of South Sulawesi Province. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/42761/1.hassmallThumbnailVersion/E011201007_skripsi_06-06-2024%20cover1.png)

E011201007_skripsi_06-06-2024 cover1.png
Download (115kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
E011201007_skripsi_06-06-2024 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (540kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
E011201007_skripsi_06-06-2024 dp(FILEminimizer).pdf
Download (589kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
E011201007_skripsi_06-06-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 7 February 2027.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Seiring dengan berkembangnya system informasi dan komunikasi serta kecanggihan teknologi seringkali menjadi pisau bermata dua untuk system pengelolaan pengaduan pelayanan publik itu sendiri. Oleh karena itu, pemerintah membentuk Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) sebagai wujud pelayanan 1 (satu) pintu yang terintegrasi dengan mendorong “No Wrong Door Policy” yang juga ditetapkan sebagai aplikasi nasional Dimana semua instansi harus menggunakan, termasuk Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk menilai Tingkat keefektifan Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sulawesi Selatan dalam menangani laporan pengaduan yang ada di SP4N-Lapor!. Adapun teori yang digunakan adalah teori efektivitas Martani yang mengukur efektivitas menggunakan 3 (tiga) pendekatan. Yakni pendekatan sumber, proses dan sasaran. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penanganan laporan pengaduan SP4N-Lapor! Di Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sulawesi Selatan masih kurang efektif. Hal ini dikarenakan masih banyaknya pegawai yang merasa bahwa alokasi sumber daya kurang memadai, koordinasi dengan unit kerja memiliki hambatan, dan adanya komentar negatif dari pengguna yang merasa kurang puas dengan kecepatan dalam menindaklanjuti laporan pengaduan
Keyword : Efektivitas, SP4N-Lapor!, Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sulawesi Selatan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Effectiveness, SP4N-Lapor!, Department of Highways and Construction Development of South Sulawesi Province. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 05:09 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 05:09 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/42761 |