TRISNAWATI, ADE IRMA (2024) Efektivitas Pengelolaan Program Pengaduan Ruang Peduli Pada Perusahaan Umum Daerah Air Minum Kota Makassar = Effectiveness of Management of the Care Room Complaints Program at the Makassar City Regional Drinking Water Company. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/42758/1.hassmallThumbnailVersion/E011201005_skripsi_06-06-2024%20cover1.png)

E011201005_skripsi_06-06-2024 cover1.png
Download (170kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
E011201005_skripsi_06-06-2024 1-2.pdf
Download (805kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
E011201005_skripsi_06-06-2024 dp.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
E011201005_skripsi_06-06-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 7 February 2027.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, pemerintah tentu tidak hentinya membuat program guna meningkatkan pelayanan yang akan diberikan kepada masyarakat. Salah satu program yang dikeluarkan oleh pemerintah terkhusus perumda air minum Kota Makassar ialah program pengaduan yang diberi nama Ruang Peduli. Sarana pengaduan ini dipergunakan untuk menyampaikan keluhan dengan cepat, mudah, dan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan melihat kondisi tingkat efektivitas program pengaduan Ruang Peduli Perumda Air Minum Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan teori efektivitas program dari Sutrisno dengan indikator pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan, dan perubahan nyata. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan perolehan dari observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program pengaduan Ruang Peduli Perumda Air Minum Kota Makassar masing kurang efektif. Hal ini dapat dilihat dari hampir 80% masyarakat kota Makassar belum mengetahui adanya program pengaduan ini dan masih banyaknya komentar-komentar negatif yang berserakan dimana-mana akibat dari minimnya respon pegawai yang menjadi pengelola program pengaduan Ruang Peduli.
Keyword : Efektivitas, Program Pengaduan Ruang Peduli, Perumda Air Minum Kota Makassar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Effectiveness, Ruang Peduli complaint program, Makassar City Drinking Water Company. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 05:03 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 05:03 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/42758 |