DAMPAK PENINGKATAN JALAN TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI KABUPATEN MIMIKA PROVINSI PAPUA (KASUS RUAS JALAN STRATEGIS TIMIKA – POMAKO – DERMAGA NUSANTARA


DANUN, JANIA B ASIR RANTE (2007) DAMPAK PENINGKATAN JALAN TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI KABUPATEN MIMIKA PROVINSI PAPUA (KASUS RUAS JALAN STRATEGIS TIMIKA – POMAKO – DERMAGA NUSANTARA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
janiabasir-129-1-ps076 cover.jpg

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
janiabasir-129-1-ps076 1-2.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
janiabasir-129-1-ps076 dapus-lam.pdf

Download (18kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
janiabasir-129-1-ps076.pdf

Download (768kB)

Abstract (Abstrak)

JANIA B. RANTE DANUN. Dampak Peningkatan Jalan Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat di Kabupaten Mimika Provinsi Papua; kasus Ruas Jalan Timika – Pomako – Dermaga Nusantara (dibimbing oleh Tahir Kasnawi dan Herman Parung).
Penelitian ini bertujuan mengetahui kondisi sosial ekonomi masyarakat sebelum dan sesudah peningkatan jalan dan faktor-faktor sosial ekonomi yang signifikan memiliki hubungan dengan peningkatan ruas jalan Timika – Pomako – Dermaga Nusantara di Desa Pomako, Hiripau, Kaugapu dan Pigapu.
Pengambilan data melalui studi pustaka, studi lapangan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan komparatif (comparative aprouch), yaitu dengan cara membandingkan kondisi sosial ekonomi penduduk sebelum dan sesudah peningkatan jalan yang disusun dalam bentuk tabel frekwensi. Kemudian analisis yang juga digunakan adalah analisis chi kuadrat dengan menggunakan program komputer SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi sosial ekonomi masyarakat Desa Pomako, Hiripau, Kaugapu dan Pigapu dengan adanya peningkatan jalan tersebut adalah : aksesibilitas dimana terjadi kemudahan mengjangkau fasilitas -fasilitas pelayanan bagi masyarakat yang semula tidak bisa menggunakan kendaraan bermotor karena kondisi jalan yang sangat jelek dan sekarang dapat menggunakan kendaraan bermotor untuk menempuh ke fasilitas-fasilitas pelayanan. Namun kualitas perumahan tidak mengalami perubahan yang cukup baik. Aksesibilitas, kepemilikan lahan, derajat kesehatan dan pendapatan memiliki hubungan yang kuat dengan peningkatan jalan sedangkan kualitas perumahan dan konflik antar suku hubungannya sangat lemah dengan peningkatan jalan tersebut.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 May 2021 05:24
Last Modified: 18 May 2021 05:46
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/4249

Actions (login required)

View Item
View Item