Arif Mus, Andi Muh. (2024) hubungan kecelakaan lalulintas sepeda motor dengan keparahan trauma mandibula : prospektif study di RSP dan RSGMP Unhas. Thesis thesis, unhas.
![[thumbnail of J045202001_tesis_02-12-2024 bab1-2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
J045202001_tesis_02-12-2024 bab1-2.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of J045202001_tesis_02-12-2024 cover1.jpg]](/42310/2.hassmallThumbnailVersion/J045202001_tesis_02-12-2024%20cover1.jpg)

J045202001_tesis_02-12-2024 cover1.jpg
Download (454kB) | Preview
![[thumbnail of J045202001_tesis_02-12-2024 dp.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
J045202001_tesis_02-12-2024 dp.pdf
Download (492kB)
![[thumbnail of J045202001_tesis_02-12-2024.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
J045202001_tesis_02-12-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 November 2026.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Pendahuluan: Trauma mandibula adalah trauma yang melibatkan jaringan lunak dan keras di area 1/3 wajah bagian bawah dengan manifestasi yang berbeda-beda, mulai dari laserasi jaringan lunak, hingga patah tulang rahang bawah. Di beberapa negara berkembang, termasuk Indonesia, kecelakaan sepeda motor merupakan salah satu penyebab utama trauma mandibula. Tingkat keparahan trauma mandibula yang disebabkan oleh kecelakaan sepeda motor dapat bervariasi dan terkait dengan faktor-faktor yang terjadi dalam suatu kecelakaan. Skala Keparahan Cedera Wajah (MFISS), adalah indeks tingkat keparahan trauma mandibula yang berguna untuk memberikan pengobatan dan mendapatkan prognosis bagi pasien. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati hubungan MFISS dengan faktor-faktor kecelakaan lalu lintas, yaitu penggunaan helm, kecepatan berkendara, dan penerangan. Metode. Metode penelitian ini merupakan cross sectional prospectif dengan data sekunder. Sampel yang diambil dari data sekunder rekam medis pasien bedah mulut RSP dan RSGMP Unhas. Hasil: Tingkat keparahan trauma mandibula didasarkan pada MFISS, dipengaruhi oleh kecepatan mengemudi. Kesimpulan: Tingkat keparahan trauma mandibula berdasarkan MFISS dipengaruhi oleh kecepatan dan penggunaan helm
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RK Dentistry |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Pendidikan Dokter Gigi > PPDGS - Bedah Mulut dan Maksilofasial |
Depositing User: | Unnamed user with username pkl2 |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 06:02 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 06:02 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/42310 |