Posting sebelum makan : Perilaku makan K-popers di Kota Makassar = Post before eating : K-Popers eating behavior in makassar city


SETIANINGRUM, ANNISA (2024) Posting sebelum makan : Perilaku makan K-popers di Kota Makassar = Post before eating : K-Popers eating behavior in makassar city. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E071201023_skripsi_27-08-2024 cover1.jpg

Download (333kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E071201023_skripsi_27-08-2024 bab 1-2.pdf

Download (718kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E071201023_skripsi_27-08-2024 dp.pdf

Download (923kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E071201023_skripsi_27-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 July 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Berdasarkan fenomena mengunggah foto atau video makanan yang dibagikan melalui media sosial merupakan hal yang sering di lakukan oleh beberapa k-popers, mereka terbiasa menjadikan hal ini sebagai pembuka sebelum menikmati makanan yang ia sajikan. Khususnya di Kota Makassar, perilaku makan seperti ini tidak dipungkiri demi mengekspresikan diri, kesenangan semata, atau berbagi tempat makan yang menjadi rekomendasinya kepada teman-temannya di media sosial. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu memahami alasan dan motivasi di balik kebiasaan k-popers untuk mengunggah foto atau video makanan sebelum makan, meneliti bagaimana fitur-fitur di media sosial seperti story dan status mempengaruhi kebiasaan mengunggah konten makanan, mengeksplorasi pengaruh idola Korea, rekomendasi dari media sosial, dan aspek ekonomi terhadap preferensi makanan k-popers. Teknik pengumpulan data menggunakan metode penelitian kualitatif diantaranya observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa meskipun para penggemar k-pop (k- popers) terinspirasi oleh budaya dan idola k-pop, dalam media sosial, khususnya Instagram, memiliki peran yang signifikan dalam membentuk perilaku posting sebelum makan dalam komunitas k-pop. Media sosial memberikan ruang bagi para penggemar k-pop untuk berinteraksi, berbagi, dan mengekspresikan diri mereka, termasuk dalam konteks posting foto makanan sebelum makan. Estetika memegang peranan penting di sini, di mana para penggemar k-pop mengatur tata letak dan pencahayaan dengan cermat untuk menampilkan makanan favorit mereka dengan cara yang menarik dan menggoda. bahwa restoran-restoran terinspirasi oleh k-pop di Kota Makassar memiliki daya tarik yang kuat bagi para penggemar k-pop. Hal ini terlihat dari pengalaman kuliner yang autentik, nuansa dan dekorasi yang kental dengan tema k-pop, serta atmosfer yang ramah dan menghibur. Restoran seperti HAN MI GA, K-Star Dining, dan lainnya tidak hanya menyajikan makanan Korea yang lezat, tetapi juga menciptakan pengalaman menyeluruh yang memikat bagi para pengunjung. Kata Kunci: K-popers, Media Sosial dan Posting Sebelum Makan

Kata Kunci : K-popers, Media Sosial dan Posting Sebelum Makan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: K-popers, Social Media and Posting Before Eating
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi Sosial
Depositing User: stfathirah s
Date Deposited: 22 Jan 2025 01:21
Last Modified: 22 Jan 2025 01:21
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/42208

Actions (login required)

View Item
View Item