STUDI ANALISIS POLA ALIRAN DISEPANJANG LAMBUNG KAPAL SEMI DISPLACEMENT HULL DENGAN BERBAGAI VARIAN STEPPED


Ningrum, Ainun Chandra Puspa (2021) STUDI ANALISIS POLA ALIRAN DISEPANJANG LAMBUNG KAPAL SEMI DISPLACEMENT HULL DENGAN BERBAGAI VARIAN STEPPED. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D31116010_skripsi COVER1.png

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1 dan 2] Text (Bab 1 dan 2)
D31116010_skripsi 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
D31116010_skripsi DP.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D31116010_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

Ainun Chandra P, 2020. “Studi Analisis Pola Aliran disepanjang Lambung Kapal akibat perubahan Panjang Air Cavity”. (Dibimbing oleh Ir. Rosmani dan Ir. Lukman Bochary)
Ada berbagai jenis tipe kapal cepat yang berlayar di Indonesia, dan salah satunya adalah kapal Semi-Displacement. Kapal dengan jenis lambung ini pada umumnya tidak melalui lautan luas, meskipun banyak yang mampu dan memiliki jangkauan kemampuan untuk melakukannya. Desain kapal cepat sangat mengalami perubahan atau modifikasi guna mendapatkan desain kapal yang menjamin performa dan keselamatan saat berlayar di lautan, salah satunya pada modifikasi hull. Salah satu cara pada modifikasi hull ialah penambahan bentuk stepped hull. Prinsip dari penggunaaan stepped hull adalah mengurangi permukaan basah (weted surface area) karena timbulnya turbulensi dibawah badan kapal. Desain bentuk stepped yang diteliti yaitu model stepped V, U, W, dan 2-U dengan luas penampang yang sama yaitu sekitar 4,1899 m2. Jumlah dari stepped yang dimodelkan dikategorikan satu, dua dan tiga stepped hull. Tiga kondisi lambung diasumsikan menjadi 4 tingkatan kemiringan yaitu even keel (0°), kondisi trim buritan 1°, trim buritan 2°, dan trim buritan 3°. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode numerik dengan bantuan software Maxsurf Modeller untuk melakukan pemodelan kapal serta Maxsurf Resistance untuk melakukan prosesanalisis karasteristik tahanan kapal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana karasteristik pola aliran kapal lmodel kapal pada beberapa kondisi trim dan kesesuaiannya. Penelitian ini termasuk penelitian numerik dengan menggunakan Software Aplikasi Maxsurf modeler dan Maxsurf Resistance. Adapun dari penelitian ini dihasilkan bahwa karasteristik pola aliran yang terbentuk disekitar lambung kapal sangat dipengaruhi oleh bentuk stepped kapal, walaupun nilai tahanan kapal yang di hasilkan sama. Baik itu pada kondisi even keel dan kondidi trim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Semi Planing Hull, Stepped, Trim Kapal, Tahanan,Pola Aliran, Metode Wyman
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Depositing User: sangiasseri abubakar
Date Deposited: 22 Apr 2021 02:31
Last Modified: 22 Apr 2021 02:31
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/4214

Actions (login required)

View Item
View Item