ANALISIS KOMUNIKASI NONVERBAL GURU TERHADAP SISWA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (AUTIS) DI SEKOLAH LUAR BIASA LANIANG MAKASSAR = ANALYSIS OF TEACHERS' NONVERBAL COMMUNICATION TOWARDS STUDENTS WITH SPECIAL NEEDS (AUTISM) AT LANIANG SPECIAL SCHOOL IN MAKASSAR


NURFAINDAH, NURFAINDAH (2024) ANALISIS KOMUNIKASI NONVERBAL GURU TERHADAP SISWA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (AUTIS) DI SEKOLAH LUAR BIASA LANIANG MAKASSAR = ANALYSIS OF TEACHERS' NONVERBAL COMMUNICATION TOWARDS STUDENTS WITH SPECIAL NEEDS (AUTISM) AT LANIANG SPECIAL SCHOOL IN MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022222015_tesis_27-08-2024 cover1.jpg

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022222015_tesis_27-08-2024 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022222015_tesis_27-08-2024 dp.pdf

Download (676kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022222015_tesis_27-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 August 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

NURFAINDAH. Analisis Komunikasi Noriverbal Guri terhadap Siswa Anak Berkebutuhan Khusus (Autis) di Sekolah Luar Biasa Laniang Makassar (dibimbing oleh Jeanny Maria Fatimah dan Kahar). Penelitian ini bertujuan menganalisis (1) komunikasi nonverbal guru guru SLB Laniang dengan siswa autis dan (2) penyampaian instruksi atau informasi guru-guru kepada slewa autis melalui gerakan nonverbal. Penelitian ini menggunakan metode perielitiani kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Tinjauan terhadap komunikasi nonverbal guru terhadap siswa anak berkebutuhan khusus (autis) menggunakan teori interaksi simbolik yang dikemukakan oleh Herbert Blumer dan teori pembelajaran sosial yang dikemukakan oleh Albert Bandura. Sumber data ada dua, yaitu sumber data primer yang diperoleh langsung dari subjek penelitian dan sumber data sekunder yang di peroleh dari beberapa guru dan siswa yang merupakan informan pendukung dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, sajian deskripsi data, penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi nonverbal, seperti kontak mata, ekspresi wajah, gestur, dan sentuhan, memainkan peran penting dalam interaksi antara guru dan siswa autis, Komunikasi nonverbal guru dengan siswa autis di SLB Laniang Makassar adalah guru harus menggunakan strategi dengan memahami psikologi anak autis serta menerapkan prinsip- prinsip komunikasi yaitu dengan menggunakan bahasa nonverbal. Interaksi simbolik yang terjalin antara guru dengan anak autis itu tidak terlepas dari proses penafsiran. Simbol yang dikomunikasikan oleh anak autis tidak serta merta memunculkan tindakan bagi guru. Makna suatu simbol yang tidak melekat pada suatu objek membuat proses penafsiran tindakan juga penting. Teori pembelajaran sosial Albert Bandura memberikan landasan penting untuk memahami peran komunikasi nonverbal guru dalam proses belajar anak autis.

Kata Kunci : komunikasi non verbal, anak berkebutuhan khusus, autis

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: stfathirah s
Date Deposited: 17 Jan 2025 07:32
Last Modified: 17 Jan 2025 07:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/42075

Actions (login required)

View Item
View Item