Khaerat, Miftahul (2024) PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT STUDI KASUS: PUPUK BABANGEN BERDIKARI OLEH KELOMPOK USAHA IBU-IBU BABANGEN BERDIKARI (IBUBA). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
A021201124_skripsi_14-05-2024 1-2.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Cover]](/41964/2.hassmallThumbnailVersion/A021201124_skripsi_14-05-2024%20cover1.png)

A021201124_skripsi_14-05-2024 cover1.png
Download (183kB) | Preview
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](/style/images/fileicons/text.png)
A021201124_skripsi_14-05-2024 dp.pdf
Download (596kB)
![[thumbnail of Full text]](/style/images/fileicons/text.png)
A021201124_skripsi_14-05-2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi pemasaran bagi produk Pupuk Babangen Berdikari yang dikelola oleh Kelompok Usaha Ibu-Ibu Babangen Berdikari (IBUBA) melalui analisis SWOT. Penelitian ini termasuk deskriptif kualitatif, yang memfokuskan pada analisis SWOT untuk membantu kelompok usaha Ibu-Ibu Babangen Berdikari (IBUBA) dalam meningkatkan daya saing pupuk Babangen Berdikari agar mampu bersaing dengan pupuk lain yang sejenis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengukuran keabsahan data yang digunakan dala penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan analisis menggunakan matriks IFAS-EFAS, TOWS, dan Diagram Kartesius SWOT, strategi yang direkomendasikan adalah memanfaatkan kekuatan internal Pupuk Babangen Berdikari untuk menciptakan peluang eksternal (Kuadran I). Kelompok Usaha Ibu-Ibu Babangen Berdikari (IBUBA) disarankan meningkatkan pemasaran melalui proyek pemerintah, edukasi tentang keunggulan pupuk organik, penawaran produk khusus, kemitraan dengan petani, inovasi bahan baku, kolaborasi dengan pemerintah, peningkatan manajemen organisasi, pengembangan produk berbasis unsur hara esensial, dan partisipasi dalam forum pertanian serta lingkungan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Analisis SWOT, Pemasaran Pupuk, Matriks IFAS-EFAS, Matriks TOWS, Pupuk Babangen Berdikari |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Andi Milu |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 02:05 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 02:05 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/41964 |