ANALISIS TATA KELOLA PEMERINTAHAN (GOOD GOVERNANCE) DALAM PELAYANAN PUBLIK DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DI KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW = ANALYSIS OF GOOD GOVERNANCE IN PUBLIC SERVICES OF THE POPULATION AND CIVIL REGISTRATION OFFICE IN BOLAANG MONGONDOW REGENCY


ISHAK, MOH. YUSUF (2024) ANALISIS TATA KELOLA PEMERINTAHAN (GOOD GOVERNANCE) DALAM PELAYANAN PUBLIK DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DI KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW = ANALYSIS OF GOOD GOVERNANCE IN PUBLIC SERVICES OF THE POPULATION AND CIVIL REGISTRATION OFFICE IN BOLAANG MONGONDOW REGENCY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E062222002_tesis_01-08-2024 cover1.jpg

Download (328kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E062222002_tesis_01-08-2024 bab I-II(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E062222002_tesis_01-08-2024 dapus(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E062222002_tesis_01-08-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 9 January 2027.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

MOH. YUSUF ISHAK. Analisis Tata Kelola Pemerintahan (Good Governance) dalam Pelayanan Publik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Bolaang Mongondow (dibimbing oleh Rabina Yunus dan Indar Anfin). Penelitian ini bertujuan menganalisis tata kelola pelayanan publik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Bolaang Mongondow dan faktor-faktor yang memengaruhi tata kelola pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bolaang Mongondow. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder Sementara teknik analisis data yang digunakan adalah pereduksian, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa akuntabilitas dalam tata kelola pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bolaang Mongondow belum berjalan optimal karena masih banyak masyarakat yang belum mengetahui pelaporan yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bolaang Mongondow dan masih terdapat prakter KKN di dinas tersebut. Transparansi belum berjalan optimal karena informasi prosedur pelayanan belum dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat. Partisipasi juga belum berjalan dengan optimal karena minimnya partisipasi masyarakat dalam memberikan masukan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bolaang Mongondow, Faktor-faktor yang memengaruhi, yaitu sumber daya manusia belum cukup memadai dalam melayani masyarakat karena tidak sebanding jumlah pegawai dan masyarakat yang akan dilayani serta sarana dan prasarana kantor belum memadal dalam menunjang percepatan pelayanan.

Keyword : good governance, pelayanan publik, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Good governance, Publik Service, Demography and Civil Registration office.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 21 Jan 2025 00:28
Last Modified: 21 Jan 2025 00:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/41694

Actions (login required)

View Item
View Item