Persepsi Penggunaan Media Virtual Reality (VR) dalam Praktikum Anatomi Muskuloskeletal pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin


Amaliah, Fakhirah (2024) Persepsi Penggunaan Media Virtual Reality (VR) dalam Praktikum Anatomi Muskuloskeletal pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of C011211066_skripsi_27-12-2024 bab1-2.pdf] Text
C011211066_skripsi_27-12-2024 bab1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of C011211066_skripsi_27-12-2024 cover1.jpg]
Preview
Image
C011211066_skripsi_27-12-2024 cover1.jpg

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of C011211066_skripsi_27-12-2024 dp.pdf] Text
C011211066_skripsi_27-12-2024 dp.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of C011211066_skripsi_27-12-2024.pdf] Text
C011211066_skripsi_27-12-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 November 2026.

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Anatomi merupakan salah satu ilmu dasar yang sangat penting untuk dipelajari bagi mahasiswa kedokteran. Salah satu cabang dari anatomi yang sulit untuk dipelajari adalah anatomi muskuloskeletal. Gambaran anatomi muskuloskeletal pada manusia sudah divisualisasikan dengan baik melalui buku atau atlas. Selain divisualisasikan dalam bentuk dua dimensi, FK Unhas sudah menyediakan media pembelajaran anatomi. Namun, tidak semua otot dan tulang manusia tervisualisasikan dengan baik melalui media pembelajaran manekin dan cadaver, masih ada bagian kecil dari otot yang susah untuk ditampilkan dalam bentuk manequin dan cadaver. Sehingga mahasiswa merasa belum puas dan bisa saja masih kebingungan dalam memahami anatomi muskuloskeletal dengan baik. Untuk mengatasi ketidakpuasan mahasiswa, maka dibutuhkan media pembelajaran yang bersifat digital dan interaktif dimana mahasiswa bisa melihat secara keseluruhan objek secara jelas dan nyata. Salah satu media
pembelajaran yang bisa memenuhi hal tersebut adalah Virtual Reality (VR). Tujuan: Mengetahui bagaimana persepsi pada mahasiswa jurusan Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin tentang penggunaan Virtual Reality dalam praktikum anatomi muskuloskeletal. Metode: Pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan proportional stratified random sampling. Hasil: hampir keseluruhan penilaian setiap item mendapatkan hasil positif. Hasil skor rata-rata tentang media Virtual Reality (VR) yaitu 3,33 yang menyatakan sangat
positif. Pada aspek motivasi belajar skor rata-ratanya yaitu 3,15 yang menyatakan positif, aspek efisiensi waktu skor rata ratanya yaitu 3,07 yang menyatakan positif dan aspek peningkatan pengetahuan skor rata-ratanya yaitu 3,32 yang menyatakan sangat positif. Kesimpulan: Persepsi secara keseluruhan
mengenai penggunaan media Virtual Reality (VR) dalam praktikum anatomi muskuloskeletal pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin adalah positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Ilmu Kedokteran
Depositing User: Unnamed user with username pkl2
Date Deposited: 12 Jan 2025 13:28
Last Modified: 12 Jan 2025 13:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/41429

Actions (login required)

View Item
View Item