PENGARUH PENERAPAN UMPAN BALIK (FEEDBACK)TERHADAP KETERAMPILAN PERTOLONGAN PERSALINAN KALA II DAN HASIL UJIAN OSCE (OBJECTIVE STRUCTURED CLINICAL EXAMINATION) MAHASISWA DIPLOMA III KEBIDANAN


MILE, SRI YULIANTI W. (2024) PENGARUH PENERAPAN UMPAN BALIK (FEEDBACK)TERHADAP KETERAMPILAN PERTOLONGAN PERSALINAN KALA II DAN HASIL UJIAN OSCE (OBJECTIVE STRUCTURED CLINICAL EXAMINATION) MAHASISWA DIPLOMA III KEBIDANAN. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P102221035_tesis_29-07-2024 cover1.jpg

Download (434kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P102221035_tesis_29-07-2024 bab I-II.pdf

Download (740kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P102221035_tesis_29-07-2024 dapus.pdf

Download (883kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P102221035_tesis_29-07-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

SRI YULIANTI MILE, PENGARUH PENERAPAN UMPAN BALIK (FEEDBACK) TERHADAP KETERAMPILAN PERTOLONGAN PERSALINAN KALA II DAN HASIL UJIAN OSCE (OBJECTIVE STRUCTURED CLINICAL EXAMINATION) MAHASISWA DIPLOMA III KEBIDANAN (di bombing oleh Budu dan Sharvianty Arifuddin). Pendahuluan: Umpan balik merupakan komponen penting dalam dunia pendidikan yang mendukung peningkatan hasil belajar mengajar. Umpan balik menjadikan mahasiswa tahu kesalahannya sehingga memotivasi mereka belajar agar kesalahannya tidak terulang. Pertolongan persalinan kala II merupakan kompetensi utama yang harus diketahui oleh seorang bidan. OSCE merupakan bentuk evaluasi obyektif yang digunakan untuk menilai kompetensi seorang bidan. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh penerapan umpan balik terhadap peningkatan keterampilan dan hasil ujian OSCE mahasiswa kebidanan dalam menangani persalinan kala II. Metode: Penelitian dengan desain quasi eksperimental, pendekatan Non-Equivalent Pretest Posttest Control Group Design, terbagi atas tiga kelompok: kontrol: intervensi tanpa umpan balik (n=16), intervensi I dengan umpan balik (n=15), dan intervensi II video dan umpan balik (n=15). Data diperoleh melalui checklist,rubrik penilaian, dianalisis dengan SPSS Hasil: Hasil uji Wilcoxon mean rank, dan nilai p-value pada keterampilan dan hasil OSCE pertolongan persalinan Kala II pada kelompok kontrol :(8.50), p=0,000<0,05 dan (8.00), p=0,001<0,05. Kelompok Intervensi I: :(8.00), p=0,001<0,05 dan (7.50), p=0,001<0,05 Kelompok intervensi II: (8.00), p=0,001<0,05 dan (8.00), p=0,001<0,05. Kesimpulan: Metode pengajaran yang menggabungkan penggunaan “Video Dan Feedback” terbukti paling efektif dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa kebidanan dalam pertolongan persalinan kala II serta hasil ujian OSCE dibandingkan dengan kelompok “dengan Umpan Balik” dan Kelompok “tanpa Umpan Balik”.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Umpan Balik,Video Tutorial, Keterampilan, OSCE, Kebidanan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Ilmu Kebidanan
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 12 Jan 2025 11:45
Last Modified: 12 Jan 2025 11:45
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/41397

Actions (login required)

View Item
View Item