Rangga, Rangga (2024) KARAKTERISTIK DESAIN BLOK LAMBUNG KAPAL ALUMINIUM CREW BOAT 42 M = Characteristics of the Aluminum Hull Block Design for a 42-meter Crew Boat. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D031201049_skripsi_09-09-2024 cover1.jpg
Download (306kB) | Preview
D031201049_skripsi_09-09-2024 bab 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (1MB)
D031201049_skripsi_09-09-2024 dp(FILEminimizer).pdf
Download (3MB)
D031201049_skripsi_09-09-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 19 December 2026.
Download (5MB)
Abstract (Abstrak)
Kapal aluminium adalah kapal yang konstruksinya menggunakan aluminium sebagai bahan utama untuk badan kapalnya. Aluminium sering dipilih karena sifatnya yang ringan, tahan karat, dan mudah untuk dibentuk dalam berbagai desain. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan merancang blok kapal menggunakan data konstruksi yang ada, berat, dimensi dan luas area yang digunakan dalam proses pembangunan kapal. Metode penelitian menggunakan Product Work Breakdown Structure (PWBS) berdasarkan gambar konstruksi dari PT. Kim Seah Shipyard Indonesia. Data dikumpulkan dari gambar konstruksi seperti midship section, shell expansion, dan general arrangement untuk mengidentifikasi dimensi, berat, dan jumlah blok. Metode analisis meliputi perhitungan berat blok, penentuan fasilitas alat angkat dan estimasi luas area pembangunan. Hasil penelitian ini memberikan gambaran tentang cara efisien merancang dan membangun kapal aluminium dengan mempertimbangkan kapasitas alat angkat dan fasilitas galangan kapal yang tersedia. Penggunaan software desain 3D seperti Rhinoceros digunakan untuk memfasilitasi pembuatan model blok lambung kapal. Data dari galangan kapal termasuk fasilitas yang tersedia seperti crane overhead dan alat angkut laut digunakan untuk mengoptimalkan proses pembangunan blok kapal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan blok lambung kapal ini dapat ditingkatkan efisiensinya dengan memanfaatkan fasilitas yang ada secara maksimal, memastikan standar keselamatan yang tinggi, dan memonitor berat blok kapal secara teratur. Dengan implementasi yang tepat, penelitian ini berpotensi untuk meningkatkan efisiensi pembangunan kapal aluminium serta menghasilkan produk yang berkualitas sesuai dengan standar industri.
Keywords : Crew Boat, kapal aluminium, desain kapal, efisiensi konstruksi, Product Work Breakdown Structure (PWBS)
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Crew Boat, aluminum ship, ship design, construction efficiency, Product Work Breakdown Structure (PWBS) |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 05:14 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 05:14 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/41013 |