Manajemen Komunikasi Reklamasi Pemprov Sulsel dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Pulau Lae-Lae = Communication Management of South Sulawesi Provincial Government Reclamation in Improving the Participation of Lae-Lae Island Local Community


Fahira, Anisa (2024) Manajemen Komunikasi Reklamasi Pemprov Sulsel dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Pulau Lae-Lae = Communication Management of South Sulawesi Provincial Government Reclamation in Improving the Participation of Lae-Lae Island Local Community. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022222018_tesis_10-09-2024 cover1.jpg

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022222018_tesis_10-09-2024 bab 1-2.pdf

Download (725kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022222018_tesis_10-09-2024 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022222018_tesis_10-09-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 August 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Reklamasi bertujuan untuk memaksimalkan pemanfaatan lahan demi meningkatkan potensi suatu daerah, sehingga diperlukan kerja sama yang baik antara penyelenggara dan masyarakat. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan manajemen komunikasi yang efektif dari pemerintah kepada masyarakat dan sebaliknya. Manajemen komunikasi tidak hanya dibutuhkan untuk memberikan informasi mengenai manfaat dan risiko pembangunan, tetapi juga membangun hubungan yang positif antara pemerintah dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen komunikasi reklamasi Pemprov Sulsel untuk meningkatkan partisipasi masyarakat Pulau Lae-Lae. Metode yang diaplikasikan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini terdiri dari 9 informan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi kepustakaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerintah telah menerapkan berbagai pendekatan komunikasi, termasuk saluran formal dan informal, upaya transparansi, dan pelibatan masyarakat. Meski demikian, implementasinya masih menghadapi tantangan signifikan yang meliputi inkonsistensi informasi, kurangnya kepercayaan, perbedaan persepsi, dan mekanisme umpan balik yang tidak efektif. Namun dengan upaya pemerintah untuk mendengarkan dan mengakomodasi kepentingan masyarakat, langkah-langkah yang diambil menunjukkan pemahaman lebih baik tentang pentingnya komunikasi dua arah dan pelibatan aktif masyarakat.

Kata Kunci : Manajemen Komunikasi, Pulau Lae-Lae, Partisipasi Masyarakat, Reklamasi

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Communication Management, Community Participations, Lae-Lae Island, Reclamation
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: stfathirah s
Date Deposited: 18 Dec 2024 05:46
Last Modified: 18 Dec 2024 05:46
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/40940

Actions (login required)

View Item
View Item