PENGARUH TERPAAN KONTEN INSTAGRAM @UNIQLOINDONESIA TERHADAP EKUITAS MEREK DAN MINAT BELI PADA MEREK FESYEN UNIQLO = THE INFLUENCE OF EXPOSURE TO @UNIQLOINDONESIA INSTAGRAM CONTENT ON BRAND EQUITY AND PURCHASE INTENTION ON THE UNIQLO FASHION BRAND


Amalia, Nanna Fitri (2024) PENGARUH TERPAAN KONTEN INSTAGRAM @UNIQLOINDONESIA TERHADAP EKUITAS MEREK DAN MINAT BELI PADA MEREK FESYEN UNIQLO = THE INFLUENCE OF EXPOSURE TO @UNIQLOINDONESIA INSTAGRAM CONTENT ON BRAND EQUITY AND PURCHASE INTENTION ON THE UNIQLO FASHION BRAND. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022221016_tesis_10-09-2024 cover1.jpg

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022221016_tesis_10-09-2024 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022221016_tesis_10-09-2024 dp.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022221016_tesis_10-09-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 August 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Media sosial menjadi media baru yang berkembang dengan pesat di Indonesia. Media sosial digunakan untuk membangun ekuitas merek sebuah perusahaan. Penelitian ini untuk mengetahui terpaan konten Instagram @uniqloindonesia terhadap ekuitas merek dan minat beli pada merek fesyen Uniqlo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis explanatory research, penelitian mengkaji pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Sampel penelitian didapatkan dengan teknik random sampling dengan kriteria aktif dari pengikut akun media sosial Instagram Uniqlo sebanyak 384 sampel dengan metode regresi linier sederhana. Dalam pengujian teknik analisis data yaitu uji validitas dan reliabilitas dihitung dengan menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solutions) dengan Cronbach Alpha (α) di atas 0,60 maka secara keseluruhan pernyataan dinyatakan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan, mayoritas responden menunjukkan bahwa pengaruh media sosial Instagram berada dalam kategori tinggi. Media sosial Instagram @uniqloindonesia memiliki pengaruh sebesar 72.4% yang menunjukkan bahwa kehadiran dan aktivitas Uniqlo di Instagram memberikan pengaruh yang kuat. Tingkat ekuitas merek sebesar 70.1% menunjukkan bahwa mayoritas responden memiliki persepsi yang kuat terhadap merek @uniqloindonesia. Ekuitas merek yang tinggi ini mencakup aspek penting seperti kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek dan aset sebuah merek. Persentase responden yang menunjukkan minat untuk membeli merek fesyen Uniqlo sebesar 70.1% tergolong tinggi. Media sosial Instagram berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap ekuitas merek dan minat beli. Sehingga semakin terpenuhi media sosial @uniqloindonesia di Instagram, maka semakin tinggi pula ekuitas merek dan berdampak pada meningkatnya minat beli konsumen pada merek fesyen Uniqlo.

Kata Kunci : Instagram, Ekuitas Merek, Minat Beli

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Instagram, Brand Equity, Purchase Intention
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: stfathirah s
Date Deposited: 18 Dec 2024 01:07
Last Modified: 18 Dec 2024 01:07
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/40891

Actions (login required)

View Item
View Item