Tandibua, Fanny Octaviani (2024) ANALISIS KARAKTERISTIK PARKIR KENDARAAN MOBIL PRIBADI KAMPUS FAKULTAS TEKNIK UNHAS GOWA = ANALYSIS OF PARKING CHARACTERISTICS OF PRIVAYE CAR VEHICLES AT UNHAS ENGINEERING FACULTY CAMPUS GOWA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/40861/1.hassmallThumbnailVersion/D011201141_skripsi_09-09-2024%20cover1.jpg)

D011201141_skripsi_09-09-2024 cover1.jpg
Download (268kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
D011201141_skripsi_09-09-2024 bab 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (410kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
D011201141_skripsi_09-09-2024 dp(FILEminimizer).pdf
Download (190kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
D011201141_skripsi_09-09-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 17 December 2026.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Meningkatnya kegiatan Mahasiswa di Kampus Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, akan diikuti dengan meningkatnya tingkat parkir di area sejumlah gedung yang ada di lingkup Kampus. Terutama bagi Mahasiswa yang membawa kendaraan seperti mobil pribadi terkadang harus parkir di tepi jalan maupun Gedung lain, sehingga akan berpengaruh terhadap kebutuhan parkir yang terdapat pada kawasan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik parkir kendaraan mobil pribadi yang terdapat di Kampus Fakultas Teknik Unhas Gowa dan menganalisis kapasitas parkir kendaraan mobil pribadi di Kampus Fakultas Teknik Unhas Gowa sudah sesuai kebutuhan dan dapat menampung kendaraan yang ada terkhusus pada jam-jam puncak. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu survei langsung di lapangan dengan metode pencatatan dan perhitungan jumlah kendaraan masuk dan keluar di parkiran setiap gedung di Kampus Teknik Unhas Gowa. Adapun waktu pelaksanaan ini diambil hari Senin dengan pengambilan data yaitu pada pukul 07.00 – 18.00 WITA. Hasil dari penelitian ini menunjukkan akumulasi parkir tertinggi terjadi pada Gedung Mesin dengan akumulasi masuk berjumlah 9 kendaraan dan akumulasi keluar berjumlah 12 kendaraan. Volume parkir tertinggi berjumlah 125 kendaraan pada Gedung Mesin. Tingkat pergantian parkir tertinggi terjadi pada Gedung Classroom I sebesar 3,30 (kend/srp/hari). Indeks parkir tertinggi terjadi pada Gedung Mesin mencapai 100%. Kebutuhan ruang parkir pada semua parkiran gedung telah mencukupi.
Keywords : Analisis Karakteristik, Akumulasi Parkir, Volume Parkir, Indeks Parkir, Kebutuhan Ruang Parkir
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Characteristic Analysis, Parking Accumulation, Parking Volume, Parking Index, Parking Space Requirement. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Rasman |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 05:07 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 05:07 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/40861 |