Studi Eksperimental Transport Sedimen Variasi Kemiringan Saluran Terbuka = EXPERIMENTAL STUDY OF SEDIMENT TRANSPORT OF OPEN CHANNEL SLOPE VARIATIONS


Suprianto, Muh Rhifky (2024) Studi Eksperimental Transport Sedimen Variasi Kemiringan Saluran Terbuka = EXPERIMENTAL STUDY OF SEDIMENT TRANSPORT OF OPEN CHANNEL SLOPE VARIATIONS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D011201130_skripsi_09-09-2024 cover1.jpg

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D011201130_skripsi_09-09-2024 bab 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (958kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D011201130_skripsi_09-09-2024 dp(FILEminimizer).pdf

Download (116kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D011201130_skripsi_09-09-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 17 December 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Muh Rhifky Suprianto. Studi Eksperimental Transport Sedimen Variasi Kemiringan Saluran Terbuka (dibimbing Prof. Dr. Ir Muhammad Saleh Pallu, M.Eng).
Transport sedimen adalah suatu proses perpindahan sedimen yang terjadi di sepanjangn sungai, laut, waduk, maupun saluran terbuka lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh variasi kemiringan saluran terhadap angkutan sedimen dasar yang dilakukan di laboratorium. Tujuan utama dari penelitian ini untuk memahami bagaimana perubahan kemiringan saluran mempengaruhi jumlah angkutan sedimen dasar. Eksperimen menggunakan satu set alat transport sediment demonstration channel. Sedimen dengan karakteristik tertentu ditempatkan di dalam saluran dan diberi aliran dengan kecepatan dan debit yang tetap. Kemiringan saluran divariasikan menjadi tiga tingkat, dan data tentang laju angkutan sedimen dasar dikumpulkan melalui metode pengukuran langsung. Hasil penelitian kemudian disandingkan dengan data yang dikumpulkan melalui beberapa persamaan empiris untuk divalidasi kebenarannya. Hasil penelitian dan hasil pendekatan menggunakan rumus empiris menunjukkan hasil yang tidak jauh berbeda dan menunjukkan bahwa laju angkutan sedimen dara meningkat dengan peningkatajn kemiringan saluran. Semakin besar kemiringan maka semakin besar debit air dan debit sedimen yang dihasilkan . Semakin besar kemiringan juga mempengaruhi tegangan geser yang menjadi salah salu pengaruh mengapa sedimen bisa bergerak. Penelitian ini memberikan wawasan penting mengenai dinamika angkutan sedimen dasar yang dipengaruhi oleh kemiringan saluran. Penelitian ini relevan untuk pengelolaan dan perencanaan infrastruktur hidrolik, termasuk mitigasi erosi dan desain saluran yan efisien untuk mengendalikan transportasi sedimen.

Kata Kunci: angkutan sedimen dasar, variasi kemiringan, transportasi sedimen, saluran terbuka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bed load sediment transport, slope variation, artificial channel, laboratory experiment, sediment transport, hydraulics.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 03 Jan 2025 04:29
Last Modified: 03 Jan 2025 04:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/40852

Actions (login required)

View Item
View Item