IMPLEMENTASI PEMANFAATAN PROGRAM ANTREAN ONLINE MELALUI MOBILE JKN DALAM MANAJEMEN RAWAT JALAN DI INGGIT MEDICAL CENTRE = IMPLEMENTATION OF THE UTILIZATION OF ONLINE QUEUE PROGRAM THROUGH MOBILE JKN IN OUTPATIENT SERVICE MANAGEMENT AT INGGIT MEDICAL CENTRE


Sukardi, Niswatun Hasanah (2024) IMPLEMENTASI PEMANFAATAN PROGRAM ANTREAN ONLINE MELALUI MOBILE JKN DALAM MANAJEMEN RAWAT JALAN DI INGGIT MEDICAL CENTRE = IMPLEMENTATION OF THE UTILIZATION OF ONLINE QUEUE PROGRAM THROUGH MOBILE JKN IN OUTPATIENT SERVICE MANAGEMENT AT INGGIT MEDICAL CENTRE. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K052222005_tesis_04-09-2024 cover1.jpg

Download (445kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K052222005_tesis_04-09-2024 bab 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K052222005_tesis_04-09-2024 dp(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K052222005_tesis_04-09-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 16 December 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

NISWATUN HASANAH SUKARDI. Implementasi Pemanfaatan Program Antrean Online Melalui Mobile Jkn Dalam Manajemen Layanan Rawat Jalan Di Inggit Medical Centre. (dibimbing oleh Darmawansyah dan Muhammad Yusran Amir).
Latar Belakang. Aktivitas mengantre di Fasilitas Kesehatan bisa menjadi sumber kerumunan dimana pasien sering kali harus lama menunggu ditempat sampai nomor antreannya dipanggil untuk mendapatkan pelayanan. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Implementasi Pemanfaatan Program Antrean Online melalui Mobile JKN dan Efektivitas Pelayanan Rawat Jalan di Inggit Medical Centre. Metode. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif, dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan primer dan sekunder dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil. Mobile JKN memberikan keuntungan finansial dan efisiensi dalam antrian pasien dimana mengurangi penggunaan kertas (paperless) dan mengurangi jumlah antrian secara manual, Kesesuaian pengembangan menyesuaikan dengan kebutuhan penggunanya, akan tetapi masih ada beberapa pengguna program mobile JKN yang belum menerapkan program sesuai prosedur, Penggunaan aplikasi Mobile JKN lebih rumit dibandingkan dengan manual menggunakan kartu fisik seperti sebelumnya karena untuk beberapa kalangan masih sulit mengakses dan belum paham penggunaan aplikasi secara online, 15% dari total pasien bpjs wajib mendaftar melalui mobile JKN dan hasil menunjukan bahwa pengguna mobile JKN melebihi dari target yang telah ditentukan serta di perlukan kedisiplinan dalam proses penerapan program antrean online melalui mobile JKN, Melalui MJKN pasien menjadi lebih tertib dan dapat menyampaikan keluh kesah dengan menggunakan menu kesan. Kesimpulan. Melakukan pemantauan dan evaluasi secara berkala terhadap penggunaan aplikasi antrean online Mobile JKN. Dengan memantau kinerja dan pengalaman pengguna, Anda dapat mengidentifikasi area perbaikan dan mengoptimalkan layanan, Nilai quality rate yang dikeluarkan harus lebih dari 85%, dan biasanya dievaluasi setiap 3-7 hari.

Kata Kunci : Mobile JKN, Antrean Online, Manajemen, Rawat jalan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Mobile JKN, Online Queue, Management, Outpatieht.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Rasman
Date Deposited: 02 Jan 2025 01:18
Last Modified: 02 Jan 2025 01:18
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/40764

Actions (login required)

View Item
View Item