Hajar, Sitti (2024) Analisis Dispersi Polutan CO dan NO2 dari Kendaraan Bermotor Area Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin = Analysis of CO and NO2 Pollutant Dispersion from Motor Vehicles in the Area of the Faculty of Engineering Hasanuddin University. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D131201005_skripsi_09-09-2024 cover1.jpg
Download (225kB) | Preview
D131201005_skripsi_09-09-2024 bab 1-2.pdf
Download (867kB)
D131201005_skripsi_09-09-2024 dp.pdf
Download (140kB)
D131201005_skripsi_09-09-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 August 2026.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Kualitas udara dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk di antaranya aktivitas kendaraan bermotor, faktor meteorologi dan kondisi lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membandingkan konsentrasi parameter pencemar di area Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin secara aktual dengan konsentrasi hasil pemodelan menggunakan software AERMOD yang terbagi menjadi 5 titik pengukuran, serta menganalisis pola sebaran polutan NO2 dan CO menggunakan software AERMOD. Analisis nilai konsentrasi parameter pencemar (NO2 dan CO) dilakukan di laboratorium Kualitas Air, Departemen Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yaitu membandingkan nilai konsentrasi hasil analisis parameter udara dengan baku mutu dan ISPU yang berlaku. Konsentrasi NO2 berdasarkan data aktual lokasi I, lokasi II, lokasi III, lokasi IV, dan lokasi V secara berturut-turut adalah 10,88 µg/m3, 7,6 µg/m3, 10,63 µg/m3, 14,15 µg/m3, dan 81,18 µg/m3. Sedangkan konsentrasi CO berdasarkan data aktual lokasi I, lokasi II, lokasi III, lokasi IV, dan lokasi V berturut-turut adalah 957,13 µg/m3, 811,93 µg/m3, 650,77 µg/m3, 1022,58 µg/m3, dan 1132,64 µg/m3. Nilai konsentrasi NO2 hasil pemodelan secara berturut turut yaitu 39,9 µg/m3, 31,9 µg/m3, 23,7 µg/m3, 15 µg/m3, 13,3 µg/m3. Sedangkan konsentrasi CO hasil pemodelan yaitu 1.606 µg/m3, 601µg/m3, 321 µg/m3, 453,1 µg/m3, dan 616 µg/m3. Pola sebaran polutan NO2 dan CO dominan ke arah Barat Laut. Konsentrasi kedua polutan dipengaruhi oleh volume kendaraan dan faktor lingkungan sehingga memberikan fluktuasi yang berbeda seiring dengan bertambahnya waktu dan jarak. Hasil penelitian menunjukkan tingkat konsentrasi CO dan NO2 berdasarkan data pengukuran langsung dan hasil prediksi masih dalam kategori baik hingga sedang, dan masih berada di bawah baku mutu udara ambien yang berlaku.
Kata Kunci : Konsentrasi, Kendaraan Bermotor, AERMOD
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Concentration, Vehicle, AERMOD |
Subjects: | T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan |
Depositing User: | stfathirah s |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 01:16 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 01:16 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/40755 |