Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Selada Hidroponik, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan)


Astini, Andi Nelli (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Selada Hidroponik, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of G021181359_skripsi_02-01-2023 COVER1.jpg]
Preview
Image
G021181359_skripsi_02-01-2023 COVER1.jpg

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of G021181359_skripsi_02-01-2023 BAB 1-2.pdf] Text
G021181359_skripsi_02-01-2023 BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of G021181359_skripsi_02-01-2023 DP.pdf] Text
G021181359_skripsi_02-01-2023 DP.pdf

Download (444kB)
[thumbnail of G021181359_skripsi_02-01-2023.pdf] Text
G021181359_skripsi_02-01-2023.pdf

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Banyaknya pelaku usaha yang sama akan menimbulkan terjadinya persaingan. Para produsen harus lebih kreatif agar dapat memenuhi selera pelanggan. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan kualitas pelayanan dan nilai pelanggan yang baik. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, menganalisis pengaruh nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan, dan menganalisis pengaruh antara
kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan melalui nilai pelanggan. Penelitian ini dilakukan pada Delta Farm Kecamatan Biringkanaya, Ciplu Hidrofarm Kecamatan Tamalanrea, dan Taman Hidroponik Al-Kautsar Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan bulan Juni-Juli 2022. Analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling-Partial Least Square. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan selada hidroponik di Taman Hidroponik Al-Kautsar dan berpengaruh positif tidak signifikan di Delta Farm dan Ciplu Hidrofarm. Nilai pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan selada hidroponik di Ciplu Hidrofarm. Pada Delta Farm dan Taman Hidroponik Al-Kautsar nilai pelanggan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan melalui nilai pelanggan di Ciplu Hidrofarm namun berpengaruh positif tidak signifikan di Delta Farm dan Taman Hidroponik Al-Kautsar. Semakin baik kualitas pelayanan dan nilai yang dirasakan oleh pelanggan maka semakin tinggi kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 30 Dec 2024 08:07
Last Modified: 30 Dec 2024 08:07
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/40744

Actions (login required)

View Item
View Item