Evaluasi User Experience Pada Aplikasi Tiket.Com Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) = Evalution of User Experience For Tiket.com Application using the User Experience Questionaire (UEQ) Method


Ferry, Effendy Andi (2024) Evaluasi User Experience Pada Aplikasi Tiket.Com Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) = Evalution of User Experience For Tiket.com Application using the User Experience Questionaire (UEQ) Method. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H071171310_skripsi_04-09-2024 cover1.jpg

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
H071171310_skripsi_04-09-2024 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
H071171310_skripsi_04-09-2024 dp.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
H071171310_skripsi_04-09-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 August 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Evaluasi User Experience Pada Aplikasi Tiket.Com Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) (dibimbing oleh Muhammad Sadno, S.Si., M.Si.). Tiket.com merupakan salah satu aplikasi penyedia jasa pemesanan tiket online travel yang telah digunakan oleh masyarakat Indonesia dalam waktu yang cukup lama. Seiring perkembangannya, diperlukan evaluasi guna mengukur tingkat User Experience dari para pengguna terhadap fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi Tiket.com. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat User Experience yang didapatkan oleh para pengguna terhadap fitur-fitur pada aplikasi Tiket.com dengan menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif berdasarkan informasi dan data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan studi literatur. Sampel pada penelitian ini memiliki sebanyak 257 responden yang terdiri dari para pengguna tiket.com dengan instrumen pengumpulan data yang menggunakan kuesioner UEQ yang terdiri dari 26 pertanyaan. Sehingga diperoleh hasil analisis yang menunjukkan skor rata-rata dari ke enam skala UEQ yaitu: daya tarik 3,11; efisiensi 3,81; kejelasan 2,15; ketepatan 3,05; stimulasi 2,91; kebaruan 1,8. Berdasarkan hasil tersebut, dinyatakan bahwa tingkat user experience terhadap fitur pemesanan pada aplikasi tiket.com, masuk kedalam kategori above average untuk seluruh aspek mulai dari aspek daya tarik (attractiveness), hingga aspek kebaruan (novelty). Oleh karenanya, fitur-fitur pada aplikasi Tiket.com masih perlu pengembangan pada aspek keseluruhan agar dapat memberikan kualitas pengalaman pengguna yang lebih baik untuk kedepannya.

Kata kunci : User Experience, Tiket.com, User Experience Questionnaire

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: User Experience, Tiket.com, User Experience Questionnaire
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: stfathirah s
Date Deposited: 09 Dec 2024 05:37
Last Modified: 09 Dec 2024 05:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/40459

Actions (login required)

View Item
View Item