Evaluasi User Experience Pada Pengguna Aplikasi Tokopedia dan Shopee dengan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) = User Experience Evaluations on the User of Tokopedia and Shopee Applications using User Experience Questionnaire Method (UEQ)


Rahmatika, Rahmatika (2024) Evaluasi User Experience Pada Pengguna Aplikasi Tokopedia dan Shopee dengan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) = User Experience Evaluations on the User of Tokopedia and Shopee Applications using User Experience Questionnaire Method (UEQ). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H071171008_skripsi_04-09-2024 cover1.jpg

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
H071171008_skripsi_04-09-2024 bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
H071171008_skripsi_04-09-2024 dp.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
H071171008_skripsi_04-09-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 July 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Dalam era digital yang terus berkembang pesat, aplikasi e-commerce menjadi sarana utama bagi masyarakat untuk berbelanja secara online. Oleh karena itu pentingnya UX dalam aplikasi e-commerce tidak hanya berkaitan dengan kenyamanan pengguna, tetapi juga memiliki dampak langsung terhadap keberhasilan bisnis dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi mendalam terhadap user experience pada pengguna aplikasi Tokopedia dan Shopee dengan menggunakan metode UEQ. Adapun dalam pengimplementasiannya, penulis menggunakan UEQ Data Analysis Tools, sehingga memudahkan dalam pengolahan dan analisis data secara efisien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Shopee mendapatkan nilai yang lebih tinggi dalam hampir semua dimensi UX dibandingkan dengan Tokopedia. Dari perspektif pengguna, Shopee memberikan pengalaman yang lebih positif dan memuaskan. Shopee unggul dalam dimensi daya tarik (attractiveness), kejelasan (perspicuity), ketepatan (dependability), stimulasi (simulation), dan kebaruan (novelty), sementara kedua aplikasi dinilai hampir sama dalam efisiensi (efficiency).

Kata Kunci : User Experience, E-Commerce, Shopee, Tokopedia, User Experience Questionnaire

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: User Experience, E-Commerce, Shopee, Tokopedia, User Experience Questionnaire
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Sistem Informasi
Depositing User: stfathirah s
Date Deposited: 09 Dec 2024 05:27
Last Modified: 09 Dec 2024 05:27
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/40457

Actions (login required)

View Item
View Item