ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SAYURAN HIDROPONIK PADA USAHA MARASA FARM DI KABUPATEN PINRANG


Halim, Evi Nur Hani (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SAYURAN HIDROPONIK PADA USAHA MARASA FARM DI KABUPATEN PINRANG. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of G021171324_skripsi_14-09-2022 cover1.jpg]
Preview
Image
G021171324_skripsi_14-09-2022 cover1.jpg

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of G021171324_skripsi_14-09-2022 bab 1-2.pdf] Text
G021171324_skripsi_14-09-2022 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of G021171324_skripsi_14-09-2022 dapus.pdf] Text
G021171324_skripsi_14-09-2022 dapus.pdf

Download (650kB)
[thumbnail of G021171324_skripsi_14-09-2022.pdf] Text
G021171324_skripsi_14-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang Komoditas sayuran memiliki peranan yang penting dalam pemenuhan kebutuhan konsumsi pangan dan gizi manusia. Selain itu, kondisi lahan pertanian yang kian hari semakin berkurang, mendorong sektor pertanian meningkatkan penerapan pertanian lahan sempit, diantaranya sistem budidaya secara hidroponik. Usaha Hidroponik Marasa Farm merupakan salah satu usaha hidroponik yang terletak di Kabupaten Pinrang. Dalam melaksanakan kegiatan pemasaran, setiap perusahaan termasuk Marasa Farm memerlukan sebuah strategi yang tepat sehingga segala tujuan dari perusahaan dapat dicapai dengan optimal sesuai dengan keinginan perusahaan. Tujuan (1) Mengidentifikasi pemasaran pada usaha Marasa Farm; (2) Mengemukakan strategi yang paling tepat dalam meningkatkan penjualan sayuran hidroponik pada usaha Marasa Farm di Kabupaten Pinrang. Metode menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Untuk analisis data menggunakan Matriks IFAS, Matriks EFAS, dan Matriks SWOT. Hasil analisis matriks IFAS menunjukkan bahwa kekuatan utama dengan skor 0,72 adalah aktif melakukan promosi, dan kelemahan utama adalah tidak beragamnya produk dengan skor 0,39. Sedangkan, matriks EFAS menunjukkan peluang utama yang dimiliki adalah permintaan sayur tinggi dengan skor 0,72, dan ancaman utama adalah harga pesaing lebih rendah dengan skor 0,42. Kesimpulan Alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh usaha Marasa Farm adalah memperluas jangkauan pemasaran sayuran hidroponik seiring meningkatnya permintaan sayuran dengan memanfaatkan teknologi informasi, mempertahankan dan meningkatkan image produk (positioning) pada konsumen, mempertahankan kualitas produk sayuran, mengoptimalkan dan meningkatkan volume produksi, menambah ragam produk, meningkatkan dan mempertahankan promosi dan komunikasi yang intensif dengan konsumen dan menambah sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 18 Dec 2024 01:47
Last Modified: 18 Dec 2024 01:47
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/40384

Actions (login required)

View Item
View Item