Halim, Evi Nur Hani (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SAYURAN HIDROPONIK PADA USAHA MARASA FARM DI KABUPATEN PINRANG. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
G021171324_skripsi_14-09-2022 cover1.jpg
Download (214kB) | Preview
G021171324_skripsi_14-09-2022 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
G021171324_skripsi_14-09-2022 dapus.pdf
Download (650kB)
G021171324_skripsi_14-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Latar Belakang Komoditas sayuran memiliki peranan yang penting dalam pemenuhan kebutuhan konsumsi pangan dan gizi manusia. Selain itu, kondisi lahan pertanian yang kian hari semakin berkurang, mendorong sektor pertanian meningkatkan penerapan pertanian lahan sempit, diantaranya sistem budidaya secara hidroponik. Usaha Hidroponik Marasa Farm merupakan salah satu usaha hidroponik yang terletak di Kabupaten Pinrang. Dalam melaksanakan kegiatan pemasaran, setiap perusahaan termasuk Marasa Farm memerlukan sebuah strategi yang tepat sehingga segala tujuan dari perusahaan dapat dicapai dengan optimal sesuai dengan keinginan perusahaan. Tujuan (1) Mengidentifikasi pemasaran pada usaha Marasa Farm; (2) Mengemukakan strategi yang paling tepat dalam meningkatkan penjualan sayuran hidroponik pada usaha Marasa Farm di Kabupaten Pinrang. Metode menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Untuk analisis data menggunakan Matriks IFAS, Matriks EFAS, dan Matriks SWOT. Hasil analisis matriks IFAS menunjukkan bahwa kekuatan utama dengan skor 0,72 adalah aktif melakukan promosi, dan kelemahan utama adalah tidak beragamnya produk dengan skor 0,39. Sedangkan, matriks EFAS menunjukkan peluang utama yang dimiliki adalah permintaan sayur tinggi dengan skor 0,72, dan ancaman utama adalah harga pesaing lebih rendah dengan skor 0,42. Kesimpulan Alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh usaha Marasa Farm adalah memperluas jangkauan pemasaran sayuran hidroponik seiring meningkatnya permintaan sayuran dengan memanfaatkan teknologi informasi, mempertahankan dan meningkatkan image produk (positioning) pada konsumen, mempertahankan kualitas produk sayuran, mengoptimalkan dan meningkatkan volume produksi, menambah ragam produk, meningkatkan dan mempertahankan promosi dan komunikasi yang intensif dengan konsumen dan menambah sumber daya manusia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 01:47 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 01:47 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/40384 |