Zifani, Tenri Aisyah (2023) Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Loyalitas Pasien Di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Sandi Karsa Kota Makassar Tahun 2023. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
K011191024_skripsi_26-06-2023 cover1.png
Download (150kB) | Preview
K011191024_skripsi_26-06-2023 1-2.pdf
Download (1MB)
K011191024_skripsi_26-06-2023 dp.pdf
Download (1MB)
K011191024_skripsi_26-06-2023.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
Di era globalisasi, kesadaran masyarakat terhadap kualitas makin meningkat maka mutu pelayanan kesehatan yang memuaskan harus lebih ditingkatkan agar pasien merasa loyal terhadap pelayanan kesehatan. Strategi bauran pemasaran rumah sakit diperlukan untuk menarik minat konsumen dikarenakan semakin meningkatnya persaingan antar rumah sakit.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan bauran pemasaran dengan loyalitas pasien di unit rawat inap RS Sandi Karsa Makassar Tahun 2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 257 pasien yang merupakan pasien unit rawat inap RS Sandi Karsa Makassar. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode accidental sampling dengan perolehan responden sampel sebanyak 72 responden. Pengolahan data dilakukan menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan pengujian Chi-Square.
Hasil penelitian diperoleh variabel yang berhubungan dengan bauran pemasaran dengan loyalitas pasien rawat inap Rumah Sakit Sandi Karsa adalah product (p=0,000), place (p=0,005), promotion (p=0,007), process (p=0,005), people (p=0,000), physical evidence (p=0,000), power (p=0,000), pressure (p=0,022), dan professional (p=0,000). Sedangkan variabel price (p=0,079) tidak berhubungan dengan loyalitas pasien rawat inap Rumah Sakit Sandi Karsa Makassar.
Kesimpulan pada penelitian ini yaitu ada hubungan antara product, place, promotion, process, people, physical evidence, power, pressure, dan professional dengan loyalitas pasien rawat inap di RS Sandi Karsa Makassar, sedangkan variabel yang tidak berhubungan dengan loyalitas pasien rawat inap di RS Sandi Karsa Makassar ialah price. Saran yang diberikan yaitu diharapkan RS Sandi Karsa Makassar dapat lebih meningkatkan dan mengembangkan produk jasa, meningkatkan promosi, dan meningkatkan proses pelayanan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 01:29 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 01:29 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/40351 |