STUDI EKSPERIMENTAL EMISI TRUK BERGERAK PADA JALAN NASIONAL ANTAR KOTA (STUDI KASUS JALAN POROS MALINO)


LUTFIE, MUKHTAR (2018) STUDI EKSPERIMENTAL EMISI TRUK BERGERAK PADA JALAN NASIONAL ANTAR KOTA (STUDI KASUS JALAN POROS MALINO). Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
18_P0800312407_Disertasi_Cover1.jpg

Download (5kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
18_P0800312407_Disertasi(FILEminimizer) ... ok 1-2.pdf

Download (566kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
18_PO400314001_DISERTASI(FILEminimizer)... ok dapus.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18_P0800312407_Disertasi(FILEminimizer) ... ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

MUKHTAR LUTFIE. Studi Eksperimental Emisi Truk Bergerak Pada Jalan Nasional Antar Kota (Studi Kasus Jalan Poros Malino), dibimbing oleh Lawalenna Samang, Sakti Adji Adisasmita dan Muhammad Isran Ramli
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: 1) Mengembangkan alat ukur emisi truk dalam kondisi bergerak 2) Menganalisis karakteristik pola driving cycle kendaraan truk dalam kondisi bergerak beserta karakteristik besaran emisinya untuk skenario terdapat dan tidak ada muatan pada kendaraaan truk dengan kondisi permukaan jalan baik dan rusak, 3) Mengevaluasi pengaruh kondisi permukaan jalan dan muatan truk terhadap perubahan besaran emisi kendaraaan truk. Pelitian ini dilaksanakan di Jalan Poros Malino Kabupaten Gowa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah survei lapangan dengan mengambil data emisi exhaust dan kecepatan kendaraan truk bergerak. Pengambilan sampel dilakukan secara acak pada kendaraan Truk kecil 2 sumbu, Truk besar 2 sumbu dan Truk tandem 3 sumbu. Penelitian ini menginovasikan
sistem pengukuran emisi kendaraan mobile. Sensor digital didesain mampu mengukur 5 jenis polutan: CO2, NOx, Asap, CO dan HC dengan aquisisi menggunakan Mikrokontroller Arduino Mega tipe 2560 dan system perekaman MicroSD secara real time. Pengembangan sistem pengukur emisi ini memiliki nilai tambah: portable, adaptasi post processing, mudah kalibrasi, dan fleksibel diaplikasikan pada penelitian lebih lanjut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecepatan kendaraan truk mempengaruhi emisi gas yang dihasilkan, di mana jika kecepatan kendaraan meningkat maka konsentrasi emisi gas juga akan meningkat. Kendaraan truk dengan membawa muatan telah menghasilkan konsentrasi emisi gas yang relatif tinggi dari kondisi tanpa muatan, namun kenaikannya terhadap variasi kecepatan kendaraan tidak begitu signifikan (tidak berbeda jauh). Nilai emisi kendaraan Truk bergerak pada kondisi
jalan rusak lebih tinggi dari kondisi jalan baik walaupun nilai emisinya juga tidak berbeda jauh. Pola emisi optimum driving cycle truk bergerak dengan muatan pada kondisi jalan baik berada pada kisaran kecepatan 14 km/jam, sedangkan kondisi jalan rusak mencerminkan kecepatan kisaran 13 km/jam. Pola emisi optimum driving cycle truk bergerak tanpa muatan pada kondisi jalan baik berada pada kisaran kecepatan 33 km/jam, sedangkan kondisi jalan rusak mencerminkan kecepatan kisaran 20 km/jam.
Kata Kunci: uji emisi bergerak, pembebanan, kondisi permukaan jalan,

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 31 Mar 2021 01:28
Last Modified: 31 Mar 2021 01:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/4029

Actions (login required)

View Item
View Item