Aminah, Sitti (2024) PENGARUH EDUKASI LATIHAN TERSTRUKTUR BERBASIS SELF-CARE TERHADAP ACTIVITY OF DAILY LIVING PADA POST STROKE DENGAN METODE SENSOR mHealth. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.
C013191004_disertasi_23-08-2024 cover1.jpg
Download (276kB) | Preview
C013191004_disertasi_23-08-2024 bab I-II.pdf
Download (2MB)
C013191004_disertasi_23-08-2024 dp.pdf
Download (1MB)
C013191004_disertasi_23-08-2024.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
Latar belakang : Stroke merupakan penyebab kematian kedua di dunia setelah penyakit jantung. Stroke dapat menyebabkan gangguan motorik sehingga mengalami penurunan kekuatan otot, aktivitas fisik, dan keseimbangan, dalam hal ini akan menimbulkan risiko jatuh meningkat sehingga terjadi penurunan activity daily living, maka dari itu sangat diperlukan intervensi model edukasi Latihan tersruktur berbasis self-care terhadap peningkatan activity daily living pada pasien stroke dengan sensor mHealth
Tujuan penelitian : Menghasilkan modul latihan terstruktur berbasis self-care menggunakan metode Delphi dan mengevaluasi edukasi latihan terstruktur berbasis self care terhadap peningkatan pengetahuan, kekuatan otot kaki dan tangan, keseimbangan, aktivitas fisik dan Activity daily living (ADL) pada pasien post stroke dengan metode sensor mHealth
Metode : Desain sequential exploratory yang terdiri dari dua kegiatan penelitian yang berkesinambungan, kegiatan pertama menggunakan metode study delpi dan tahap kedua dengan menggunakan metode quasi eksperiment
Hasil: Tahap penelitian pertama respon pakar dari tiga kali putaran menunjukkan ada 7 bentuk latihan yang dilakukan pasien pasca stroke dirumah 5 diantaranya mendapatkan persetujuan yang kuat 100% antara lain, latihan range of mation (ROM) latihan berjalan, latihan menggenggam, latihan ambulasi dan mobilisasi, latihan fisik, sedangkan persetujuan yang lemah menunjukkan 77% yaitu latihan kognitif dan latihan bicara. Tahap penelitian dua Hasil Wilcoxon dan Mann Whitney U didapatkan perbedaan pengetahuan, kekuatan otot, keseimbangan, aktivitas fisik dan activity daily living pada pasien yang diberikan edukasi latihan terstruktur berbasis self-care dengan nilai p<0.005
Kesimpulan : Bentuk terapi latihan yang direkomendasikan latihan range of mation, latihan berjalan, latihan menggenggam sesuaru , latihan fisik, latihan ambulasi dan mobilisasi. Edukasi latihan terstruktur berbasis selfcare berkontribusi positif terhadap pengetahuan, Edukasi latihan terstruktur berbasis selfcare berkontribusi positif terhadap kekuatan otot (kaki kanan/kiri dan Tangan kanan/kiri), Edukasi latihan terstruktur berbasis selfcare berkontribusi positif terhadap aktivitas fisik, Edukasi latihan terstruktur berbasis selfcare berkontribusi positif terhadap keseimbangan fisik, Edukasi latihan terstruktur berbasis selfcare berkontribusi positif terhadap Activity Daily Living (ADL), Latihan Kekuatan otot berdampak positif terhadap peningkatan Activity Daily Living.
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kedokteran > Ilmu Kedokteran |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 02:32 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 02:38 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/40270 |