PERILAKU APARATUR DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN BANTAENG


SYAMSIR, SIGIT TRI PUTRA (2018) PERILAKU APARATUR DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN BANTAENG. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
18_E12115505_Cover1.jpg

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
18_E12115505(FILEminimizer) ... ok 1-2.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
18_E12115505(FILEminimizer) ... ok dapus-lam.pdf

Download (464kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18_E12115505(FILEminimizer) ... ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (949kB)

Abstract (Abstrak)

Sigit Tri Putra Syamsir, Nomor Induk Mahasiswa E12115505, Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin menyusun Skripsi dengan judul Perilaku Aparatur dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di kantor Dinas Kependudukan dan catatan Sipil Kabupaten Bantaeng, di bawah bimbingan Bapak Dr. H. A. M. Rusli, M.Si sebagai pembimbing I dan Bapak A. Lukman Irwan, S.IP. M,Si sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perilaku Aparatur dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di kantor Dinas Kependudukan dan catatan Sipil Kabupaten Bantaeng, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya, untuk mencapai tujuan tersebut, digunakanlah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan data secara deskriptif. Teknik pengumpulan data digunakan dengan cara observasi, wawancara, serta dokumen dan arsip dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan : Perilaku birokrasi pemerintahan dalam pelayanan administrasi melalui kepedulian, kedisiplinan dan tanggungjawab belum diterapkan secara optimal. Aparat dituntut untuk memiliki kepedulian dalam tanggap terhadap keinginan masyarakat, memberikan kenyamanan dalam pelayanan administrasi dan peka terhadap perubahan lingkungan kerja. Aparat dituntut memiliki kedisiplinan dalam ketaatan pada aturan dan kehadiran tepat waktu. Kepemimpinan, kompetensi, penghargaan dan fasilitas kerja merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku birokrasi pemerintahan dalam pelayanan administrasi. Faktor kepemimpinan berupa gaya kepemimpinan instruksi, konsultasi, partisipasi dan delegasi kurang memberi pengaruh pada perilaku birokrasi, factor kompetensi berupa pengetahuan, keterampilan, pengalaman dan sikap penguasaan yang masih rendah dalam mempengaruhi perilaku birokrasi, pemberian penghargaan yang jarang diterapkan berupa pengakuan, pujian, promosi jabatan dan insentif yang kurang mempengaruhi perilaku birokrasi, demikian pula dengan faktor fasilitas kerja berupa sarana, prasarana, alat dan perlengkapan kerja yang tidak mendukung mempengaruhi perilaku birokrasi aparat
Kata Kunci : Perilaku, Aparatur, Dinas Kependudukan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 30 Apr 2021 01:45
Last Modified: 30 Apr 2021 01:45
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/4026

Actions (login required)

View Item
View Item