Faiz, Andi Muhammad (2024) Desain Float Pesawat Amfibi dengan Material Sandwich Aluminium Foam Terhadap Uji Statis Menggunakan Software Abaqus = Seaplane Float Design with Aluminum Foam Sandwich Material for Static Tests Using Abaqus Software. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/40021/1.hassmallThumbnailVersion/D021191150_skripsi_01-08-2024%20cover1.jpg)

D021191150_skripsi_01-08-2024 cover1.jpg
Download (246kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
D021191150_skripsi_01-08-2024 bab I-II(FILEminimizer).pdf
Download (731kB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
D021191150_skripsi_01-08-2024_dapus(FILEminimizer).pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
D021191150_skripsi_01-08-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 28 November 2026.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Struktur sandwich menghasilkan fitur yang unik berupa kekuatan dan kekakuan yang tinggi dikombinasikan dengan massa yang rendah. Fitur yang menarik tersebut dapat diaplikasikan di industri transportasi, pesawat terbang, dan kereta api. Untuk memenuhi semua persyaratan teknik transportasi modern, diperlukan material yang memiliki kemampuan penyerapan energi benturan suara yang baik. Bahan berpori tinggi dengan struktur seluler memiliki kombinasi sifat fisik dan mekanik yang menarik. Aluminium Sandwich Foam merupakan material yang memenuhi persyaratan tersebut. Adapun tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis pengaruh material Aluminium 6061 T6 dan Sandwich Aluminium Foam terhadap tegangan pada float pesawat berdasarkan variasi kondisi pendaratan, kecepatan Stall (62 knot, dan 76 knot), pembebanan float (3500 kg, 4000 kg, dan 4500 kg), dan konfigurasi material Sandwich Aluminium Foam dengan ketebalan inti foam 3 mm, 5 mm, dan 7 mm. Penelitian ini dilakukan secara simulasi numerik dengan pengujian statis berupa Water Reaction Load Factor yang mengacu pada CASR part 23 rev. 2, tahun 2014, pada sub bab 23.525 (b). Data simulasi numerik kemudian divalidasi dengan membandingkan nilai yang diberikan terhadap hasil yang didapat oleh model float. Validasi hasil yang dilakukan adalah berkaitan dengan gaya aksi reaksi. Dari hasil simulasi, didapatkan nilai tegangan maksimum pada kondisi 1 (62 knot, 3500 kg) yaitu 312.01 MPa pada Aluminium 6061 T6, dan nilai tegangan terendah pada konfigurasi ketebalan inti foam 7 mm dengan nilai 163.16 MPa. Untuk kondisi 2 (62 knot, 4000 kg) nilai tegangan maksimum pada Al 6061 T6 yaitu 342.72, dan nilai tegangan terendah pada konfigurasi ketebalan inti foam 7 mm dengan nilai 178.35 MPa. Untuk kondisi 3 (62 knot, 4500 kg) nilai tegangan maksimum pada Al 6061 T6 yaitu 369.66 MPa, dan nilai tegangan terendah pada konfigurasi ketebalan inti foam 7 mm dengan nilai 191.98 MPa. Untuk kondisi 4 (76 knot, 3000 kg) nilai tegangan maksimum pada Al 6061 T6 yaitu 440.04 MPa, dan nilai tegangan terendah pada konfigurasi ketebalan inti foam 7 mm dengan nilai 245.17 MPa. Untuk kondisi 5 (76 knot, 3500 kg) nilai tegangan maksimum pada Al 6061 T6 yaitu 468.59 MPa, dan nilai tegangan terendah pada konfigurasi ketebalan inti foam 7 mm dengan nilai 267.99 MPa. Untuk kondisi 6 (76 knot, 4500 kg) nilai tegangan maksimum pada Al 6061 T6 yaitu 597.81 MPa, dan nilai tegangan terendah pada konfigurasi ketebalan inti foam 7 mm dengan nilai 289.88 MPa.
Keywords : Float, Sandwich Aluminium Foam, Water Reaction Load Factor, Tegangan Maksimum.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Float, Sandwich Aluminium Foam, Water Reaction Load Factor, Maximum stress. |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 00:54 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 00:54 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/40021 |