Syarif, Deni Supratminto (2024) STUDI POTENSI KEGAGALAN SAMBUNGAN LAS PADA TANGKI KAPAL HASIL DARI METODE AIR PRESSURE TEST = STUDY OF POTENTIAL FAILURE OF WELDED JOINTS ON SHIP TANKS AS A RESULT OF THE AIR PRESSURE TEST METHOD. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/39984/1.hassmallThumbnailVersion/D031201036_skripsi_23-07-2024%20cover1.png)

D031201036_skripsi_23-07-2024 cover1.png
Download (377kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
D031201036_skripsi_23-07-2024 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
D031201036_skripsi_23-07-2024 dp(FILEminimizer).pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
D031201036_skripsi_23-07-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 26 November 2026.
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Pengelasan (welding) merupakan teknik penyambungan logam dengan cara mencairkan sebagian logam induk dan logam pengisi dengan atau tanpa logam penambah dan menghasilkan logam kontiniu. Pengelasan (welding) salah satu bagian terpenting untuk diperiksa dan dijamin kelayakan dari hasil las dalam pembuatan kapal maupun reparasi. Kerusakan yang terjadi baik dipermukaan maupun dibagian dalam sangat sulit untuk mendeteksi bagian – bagian yang mengalami kebocoran. Pengujian cacat las yang dilakukan dengan metode NDT (Non DestructiveTest) dimana pengujian tersebut tidak merusak material yang di uji. Salah satu metode pengujian yang termasuk dalam NDT (Non DestructiveTest) yaitu air pressure test. Air pressure test yaitu metode pengujian kekedapan pengelasan dengan menggunakan udara bertekanan tinggi. Tujuan penelitian ini yaitu menentukan efektifitas sambungan las pada tangki kapal hasil dari metode air pressure test, mengurai faktor-faktor penyebab kegagalan sambungan pengelasan, dan menyusun tindakan yang dilakukan dalam mengatasi kegagalan sambungan dengan objek tangki kapal tugboat dan landing craft. Metode yang digunakan untuk mencari kegagalan sambungan yang dominan adalah diagram pareto, untuk mencari faktor-faktor penyebab kegagalan sambungan las menggunakan diagram fishbone, dan untuk menyusun tindakan perbaikan kegagalan sambungan las menggunakan preliminary hazard analysis. Hasil pengujian dari ketiga kapal sampel atau total Panjang sambungan sebesar 1563 m, yang mengalami cacat las atau kegagalan sambungan sebesar 7,95 m. Berarti kegagalan sambungan sebesar 0,51% atau Tingkat keberhasilan las sebesar 99,49% yang dikategorikan integritas sambungan las sangat baik.
Keywords : Sambungan las, tangki, cacat las, NDT(Not Destructive Test), air pressure test,
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | welding, tank, weld defects, NDT (Not Destructive Test), air pressure test. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 02:20 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 02:20 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39984 |