ANALISIS KEKUATAN SIDE RAMP DOOR KAPAL LCT JHONNY XLV MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA = Analysis of the Strength of the Side Ramp Door of LCT JHONNY XLV Ship Using Finite Element Method


Anwar, Inayah Magfira (2024) ANALISIS KEKUATAN SIDE RAMP DOOR KAPAL LCT JHONNY XLV MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA = Analysis of the Strength of the Side Ramp Door of LCT JHONNY XLV Ship Using Finite Element Method. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D031191033_skripsi_14-05-2024 cover1.png

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D031191033_skripsi_14-05-2024 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (588kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D031191033_skripsi_14-05-2024 dp(FILEminimizer).pdf

Download (586kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D031191033_skripsi_14-05-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 26 November 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Landing Craft – Tank (LCT) adalah jenis kapal yang digunakan untuk mendaratkan muatan di perairan dangkal yang sulit untuk dijangkau dengan menggunakan kapal pengangkut biasa. Muatan yang diangkut dengan menggunakan (LCT) adalah alat berat, mesin, mobil, bahan konstruksi, bulldozer, truk, dan barang lainnya yang berbobot dan berukuran besar. Ramp door adalah pintu untuk memasukkan kendaraan kedalam kapal yang mengangkut kendaraan. Selain itu penggunaan ramp door sangat dibutuhkan untuk mempermudah proses bongkar muat kendaraan dari dermaga penyebrangan ke kapal dan sebaliknya. Ramp Door ini dirancang menggunakan pin engsel sehingga pin engsel tersebut harus kuat menahan beban kendaraan dan juga berat strukturnya. Side Ramp Door ini menggunakan sepuluh pin engsel. Analisis ini dilakukan dengan menggunakan metode elemen hingga dengan bantuan Software ANSYS Workbench. Karena menggunakan baja biasa maka nilai tegangan tidak boleh melebihi 180 N/mm2 karena tegangan yang di izinkan oleh BKI. Presentase tegangan mengalami penurunan secara proporsional. Letak tegangan maksimum akibat beban truk terjadi pada pin engsel. jika ramp door mengalami kemiringan maka tegangan maksimum pada ramp door yaitu pada sudut 0°. Posisi pembebanan roda kendaraan yang melewati ramp door berada di tengah ramp masih dibawah tegangan yang diizinkan oleh BKI.

Keywords : Pin Engsel, Tegangan, Metode Elemen Hingga, Ansys Workbench

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hinge Pin, Stress, Finite Element Method, ANSYS Workbench.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Nov 2024 05:56
Last Modified: 28 Nov 2024 05:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39951

Actions (login required)

View Item
View Item