Alex, Juan Anugrah (2024) Evaluasi Pelayanan Penumpang dan Kapal di Pelabuhan Bajoe dengan Metode CSI (Customer Satisfaction Index) = Evaluation of Passenger and Ship Services at Bajoe Crossing Port with CSI (Customer Satisfaction Index) Method. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D031181314_skripsi_04-04-2024 cover1.png
Download (169kB) | Preview
D031181314_skripsi_04-04-2024 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (777kB)
D031181314_skripsi_04-04-2024 dp(FILEminimizer).pdf
Download (356kB)
D031181314_skripsi_04-04-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 25 November 2026.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Pelabuhan Bajoe merupakan pelabuhan penyeberangan yang terletak di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan yang menghubungkan Provinsi Sulawesi Selatan dengan Provinsi Sulawesi Tenggara dan wilayah Indonesia Timur. Pelabuhan ini terletak di Kecamatan Tanete, Riattang Timur dengan luas wilayah sebesar 48,88 km2. Pelabuhan ini memiliki peran yang strategis dalam menghubungkan perdagangan maritim ataupun perpindahan masyarakat di wilayah Indonesia Timur. Sebagai pelabuhan penyeberangan antar provinsi, Pelabuhan Bajoe perlu melakukan pembangunan dan pengembangan fasilitas pelabuhan dengan mempertimbangkan prioritas kebutuhan dan kemampuan pendanaan sesuai peraturan perundang-undangan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi ketersediaan dan kondisi fasilitas pokok dan penunjang Pelabuhan Bajoe dan menganalisis kinerja pelayanan Pelabuhan Bajoe terhadap penumpang dan kapal.
Metode analisis yang digunakan menggunakan metode CSI (Customer Satisfaction Index). Penelitian ini dilakukan dengan survei lapangan untuk mengetahui ketersediaan dan kondisi fasilitas pokok dan penunjang yang tersedia di Pelabuhan Bajoe. Untuk mengukur tingkat kepuasan penumpang dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan alat ukur kuesioner yang dibagikan kepada responden.
Berdasarkan KM 52 Tahun 2004 diketahui bahwa ketersediaan dan kondisi fasilitas pokok dan penunjang Pelabuhan Bajoe sebesar 63.63% fasilitas yang tersedia. Berdasarkan PM 37 Tahun 2015 diketahui tingkat persentase kepuasan penumpang sebesar 80.55% dan kinerja pelayanan pelabuhan terhadap kapal yaitu pemanfaatan dermaga diperoleh persentase sebesar 23.12%.
Kata Kunci: Evaluasi, Fasilitas, Pelayanan, CSI, Pelabuhan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluation, Facilities, Services, CSI, Port. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 01:45 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 01:45 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39931 |