STUDI TINGKAT PELAYANAN KEPANDUAN PADA PELABUHAN SOEKARNO HATTA MAKASSAR = STUDY OF THE LEVEL OF SCOUTING SERVICES AT THE PORT OF SOEKARNO HATTA MACASSAR


Abidin, Antares Putra (2024) STUDI TINGKAT PELAYANAN KEPANDUAN PADA PELABUHAN SOEKARNO HATTA MAKASSAR = STUDY OF THE LEVEL OF SCOUTING SERVICES AT THE PORT OF SOEKARNO HATTA MACASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D031171510_skripsi_12-07-2024 cover1.png

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D031171510_skripsi_12-07-2024 1-2(FILEminimizer).pdf

Download (622kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D031171510_skripsi_12-07-2024 dp(FILEminimizer).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D031171510_skripsi_12-07-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 25 November 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Pelabuhan di Indonesia dituntut untuk dapat lebih meningkatkan peranannya dalam memberikan pelayanan jasa sebaik mungkin kepada masyarakat atau pengguna jasa angkutan laut, bila ditinjau dari aspek pembangunan, angkutan laut mempunyai fungsi menunjang semua sektor pembangunan dan membantu tercapainya pengalokasian sumber-sumber ekonomi secara optimal. Hal di atas pada gilirannya mampu menunjang kegiatan ekonomi dan mobilitas produksi untuk meningkatkan nilai tambah bagi barang yang diangkutnya. Dengan melihat fakta yang ada sudah sewajarnya strategi pembangunan subsektor perhubungan laut perlu diperkokoh. Salah satu pelayanan terhadap kapal adalah pelayanan pemanduan dan penundaan kapal. Pemanduan kapal dan penundaan kapal adalah suatu usaha untuk menjaga keselamatan kapal, penumpang dan muatannya sewaktu memasuki alur pelayaran menuju dermaga atau kolam pelabuhan untuk berlabuh atau sebaliknya. Pengukuran standar pelayanan pemanduan di Indonesia menggunakan approaching time berdasarkan pada standar kinerja pelayanan operasional pelabuhan direktorat jendral perhubungan laut. Approaching time itu sendiri adalah jumlah jam yang digunakan oleh pelayanan pandu dan tunda, sejak kapal bergerak dari lego jangkar sampai ikat tali di tambatan atau sebaliknya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pelayanan pemanduan kapal pada PT. Pelindo IV (Persero) regional 4 Cabang Makassar berdasarkan keputusan Dirjen Perhubungan Laut No.UM.002/38/18/DJM.11.
Dari hasil perhitungan diketahui untuk kapal tanker 73.4, kapal cargo 61.3, kapal kontainer 73.9 dan kapal penumpang 54,3 dimana masih memenuhi standar dari approach time yaitu 2 jam. Tetapi ada beberapa kapal masih melebihi standar dimana dikatakan kurang baik. Adapun faktor yang mempengaruhi pelayanan kepanduan di pelabuhan soekarno hatta ialah dari tidak adanya kapal kepil untuk mempercepat penambatan, kondisi cuaca kurang baik dan terjadinya kerusakan disalah satu mesin dari kapal pandu.

Kata Kunci: Pelabuhan di indonesia, pelayanan terhadap kapal, pelayanan pemanduan, approach time.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Indonesian ports, ship services, pilotage services, approach time.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 05 Dec 2024 01:25
Last Modified: 05 Dec 2024 01:25
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39914

Actions (login required)

View Item
View Item