Tanduklangi, Sofia Elvristy (2023) Hubungan antara Kadar Hemoglobin dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin = The Correlation Between Hemoglobin Levels and Academic Performance of Medical Students at Hasanuddin University Faculty of Medicine. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
C011201105_skripsi_17-01-2024 cover1.png
Download (139kB) | Preview
C011201105_skripsi_17-01-2024 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (849kB)
C011201105_skripsi_17-01-2024 dp(FILEminimizer).pdf
Download (316kB)
C011201105_skripsi_17-01-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 20 November 2026.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Latar Belakang: Hemoglobin merupakan protein pengikat oksigen dan karbondioksida yang berada di dalam darah yang berperan untuk mengangkut oksigen ke jaringan-jaringan tubuh. Ketidakstabilan jumlah hemoglobin akan mengganggu proses transport oksigen ke berbagai organ tubuh, khususnya otak. Terganggunya proses perfusi oksigen ke otak akan mengganggu fungsi otak. Prestasi belajar mahasiswa, dalam hal ini dapat diukur dari Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), sangat dipengaruhi oleh fungsi kognitif mahasiswa tersebut, yaitu fungsi eksekutif, memori, perhatian, dan kecepatan proses berpikir yang dilakukan oleh otak. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian yang melihat hubungan antara kadar hemoglobin terhadap prestasi belajar.
Tujuan: Mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara kadar hemoglobin dengan prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan penelitian Observasional Analitik dengan desain penelitian berupa cross-sectional, melalui pengambilan data primer berupa kadar hemoglobin dan date sekunder berupa database Indeks Prestsai Kumulatif yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi dengan jumlah sampel sebanyak 240 sampel.
Hasil: Sebanyak 66,25% subjek penelitian memiliki kadar hemoglobin normal, 29,58% memiliki kadar hemoglobin rendah, 4,17% memiliki kadar hemoglobin tinggi, dan sebagian besar dari subjek penelitian memiliki IPK tinggi yaitu sebesar 57,92%, 32,08% memiliki IPK sedang, 9,58% memiliki IPK rendah, 0,42% memiliki IPK sangat rendah. Pada hasil uji korelasi Spearman, didapatkan nilai p>0,05 yang menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel.
Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan antara kadar hemoglobin dengan prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin.
Keywords : Hemoglobin, Prestasi Belajar, Hubungan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hemoglobin levels, Academic Performance, Correlation. |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kedokteran > Ilmu Kedokteran |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 00:39 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 00:39 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39739 |