Kamal, Muh. Fikri Abdirahman (2023) Pengaruh Penggunaan Metode Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Blok Biomedik 1, 2, 3, 4 dan 5 Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Angkatan 2022 = The Effect Of Using Blended Learning Methods On Learning Motivation and Learning Outcomes Of Biomedical Blocks 1, 2, 3, 4 and 5 In Medical Faculty Students Of Hasanuddin University Class Of 2022. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
C011201060_skripsi_28-02-2024 cover1.png
Download (207kB) | Preview
C011201060_skripsi_28-02-2024 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (765kB)
C011201060_skripsi_28-02-2024 dp(FILEminimizer).pdf
Download (648kB)
C011201060_skripsi_28-02-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 20 November 2026.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Latar belakang: Blended learning merupakan sistem pembelajaran yang menggabungkan face-to-face dengan online. Dari definisi di atas, metode blended learning menjadi metode yang menerapkan pembelajaran konvensional tatap muka dan pembelajaran online berbasis teknologi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Tujuan: Untuk memperoleh data mengenai bagaimana gambaran pengaruh penggunaan metode blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar blok biomedik 1, 2, 3, 4 dan 5 pada mahasiswa fakultas kedokteran universitas hasanuddin angkatan 2022. Metode: Analitik dengan metode cross sectional menggunakan data primer dari kuesioner dan data sekunder dari nilai blok biomedik 1, 2, 3, 4 dan 5. Hasil: Pada uji hipotesis didapatkan hasil variabel motivasi belajar dan hasil belajar memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Maka dapat dikatakan bahwa metode blended learning berpengaruh terhadap motivasi belajar dan hasil belajar. Melalui uji regresi logistik yang dilakukan, didapatkan nilai Nagelkerke R Square sebesar 0,489 yang dimana terdapat pengaruh penggunaan metode blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar blok biomedik 1, 2, 3, 4 dan 5 pada mahasiswa fakultas kedokteran universitas hasanuddin angkatan 2022 sebesar 48,9%. Kesimpulan: (1) Terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran blended learning terhadap motivasi belajar. (2) Terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar. (3) Terdapat pengaruh penggunaan metode blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar blok biomedik 1, 2, 3, 4 dan 5 pada mahasiswa fakultas kedokteran universitas hasanuddin angkatan 2022.
Keywords : Blended learning, motivasi belajar, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Blended learning, learning motivation, learning outcomes |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kedokteran > Ilmu Kedokteran |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 01:44 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 01:44 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39706 |