Lestaluhu, Rauda Tuljannah (2023) Analisis Implementasi Pembelajaran Kolaboratif (Co-Teaching) Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Pada SMA Negeri 5 Maluku Tengah. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
F041181349_skripsi_12-09-2022 cover1.jpg
Download (281kB) | Preview
F041181349_skripsi_12-09-2022 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
F041181349_skripsi_12-09-2022 dapus.pdf
Download (441kB)
F041181349_skripsi_12-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
RAUDA TULJANNAH LESTALUHU.Analisis Implementasi Pembelajaran Kolaboratif (Co-Teaching) Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Pada SMA Negeri 5 Maluku Tengah. (Dibimbing oleh Nasmilah dan Husain Hasyim) Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis penerapan metode pengajaran kolaboratif dalam pembelajaran bahasa inggris pada kelas XII.MIA-1 di SMA Negeri 5 Maluku Tengah, dan bagaimana persepsi siswa terkait penerapan metode co-teaching ini.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Peneliti mengumpulkan data menggunakan catatan lapangan, wawancara, dan memberikan kuisioner terkait persepsi siswa tentang penerapan metode co-teaching ini. Dalam menganalisis data, peneliti mengtranskrip hasil wawancara dan catatan lapangan terlebih dahulu, kemudian menyimpulkannya. Kuisioner diklasifikasikan berdasarkan respon para siswa, kemudian diuraikan dalam tabel data dengan penjelasan. Total durasi penelitian adalah 10 pertemuan, yang terbagi atas 2 pertemuan pada tahap pra-tindakan, 6 pertemuan pada tahap inti, dan 2 pertemuan pada tahap refleksi. Perbandingan antara jumlah guru dan murid di kelas sangat mempengaruhi capaian belajar siswa, karena hal itu berpengaruh pada pengawasan guru terhadap tiap murid di kelas. Pengajaran Kolaboratif adalah metode pembelajaran yang menggabungkan 2 atau lebih guru untuk berkolaborasi dalam merencanakan, mengajar, dan menilai siswa. Metode ini akan membantu guru untuk memaksimalkan pengawasan terhadap siswa demi mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal, terutama dalam pembelajaran bahasa inggris. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perubahan signifikan pada siswa selama pengimplementasian metode pengajaran kolaboratif (co- teaching). Peningkatan pengawasan guru terhadap siswa mendorong keaktifan siswa di kelas bahasa inggris. Persepsi siswa terhadap metode co-teaching juga baik, para siswa merasa peran co-teacher sangat membantu mereka selama pembelajaran kelas bahasa inggris.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Inggris |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 03:20 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 03:20 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39502 |