Studi Tentang Keunikan Pengelolaan Rumah Makan Di TPI Lappa


Jahyadi, Adi (2023) Studi Tentang Keunikan Pengelolaan Rumah Makan Di TPI Lappa. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of E071191012_skripsi_28-12-2023 cover1.png]
Preview
Image
E071191012_skripsi_28-12-2023 cover1.png

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of E071191012_skripsi_28-12-2023 1-2.pdf] Text
E071191012_skripsi_28-12-2023 1-2.pdf

Download (885kB)
[thumbnail of E071191012_skripsi_28-12-2023 dp.pdf] Text
E071191012_skripsi_28-12-2023 dp.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of E071191012_skripsi_28-12-2023.pdf] Text
E071191012_skripsi_28-12-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract (Abstrak)

Adi Jahyadi (NIM. E071191012). “Studi Tentang Keunikan Pengelolaan Rumah Makan di TPI Lappa” S.1, Departemen Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin. Di bawah bimbingan oleh Prof. Dr. H. Hamka Naping, MA serta Dr. Ahmad Ismail, S.Sos, M.Si Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang keunikan pengelolaan di rumah makan TPI Lappa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Dalam menentukan informan menggunakan teknik purposive (sengaja), teknik ini digunakan di rumah makan melalui cara memilih pemilik dan pekerja di rumah makan sebagai informan. Pada penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi (pengamatan) dan wawancara secara mendalam. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa ada sejarah berdirinya rumah makan, proses memilih lokasi, dan menentukan struktur rumah makan. Pada penelitian ini, juga ada pula dua bentuk keunikan di rumah makan TPI Lappa, yakni rumah makan menyediakan ikan dan jasa pembakaran ikan, serta rumah makan hanya menyediakan jasa pembakaran, ketika ikan dibeli langsung oleh pelanggan di TPI Lappa. Selain itu, keunikan rumah makan TPI Lappa berbeda dari rumah makan lainnya karena adanya jumlah jenis ikan yang tersedia, segar atau tidaknya ikan, dan kebebasan pelanggan memilih ikan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa strategi dalam mempertahankan usaha rumah makan yakni menerapkan harga yang kompetitif, penerapan pelayanan prima agar timbulnya rasa percaya pelanggan sehingga mereka merasakan kepuasan, serta melakukan kerjasama guna mendapatkan keuntungan bersama. Kata Kunci: TPI Lappa, Pengelolaan, Mempertahankan Pelanggan, Rumah Makan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Antropologi
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 19 Nov 2024 02:59
Last Modified: 19 Nov 2024 02:59
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39494

Actions (login required)

View Item
View Item