Simulasi Pemodelan Sistem Optimasi Alokasi Lapangan Penumpukan Kontainer pada Terminal Peti Kemas New Makassar 1 Menggunakan Metode Local Search Heuristic = Simulation Modeling of Container Yard Allocation Optimization System at New Makassar 1 Container Terminal Using the Local Search Heuristic Method


Palamba, Tasya Delarosa Pagayang (2024) Simulasi Pemodelan Sistem Optimasi Alokasi Lapangan Penumpukan Kontainer pada Terminal Peti Kemas New Makassar 1 Menggunakan Metode Local Search Heuristic = Simulation Modeling of Container Yard Allocation Optimization System at New Makassar 1 Container Terminal Using the Local Search Heuristic Method. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D121201057_skripsi_04-09-2024 cover1.jpg

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D121201057_skripsi_04-09-2024 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D121201057_skripsi_04-09-2024 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D121201057_skripsi_04-09-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 August 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Terminal peti kemas merupakan komponen vital dalam rantai logistik global, terutama bagi Indonesia yang dikenal sebagai negara kepulauan dengan posisi strategis di persimpangan rute perdagangan dunia. Meningkatnya arus kontainer seiring perkembangan ekonomi dan perdagangan menuntut optimasi alokasi lapangan penumpukan kontainer untuk meningkatkan efisiensi operasional terminal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode Local Search Heuristic dalam optimasi alokasi lapangan penumpukan kontainer dan membuat simulasi untuk membandingkan kondisi awal dengan hasil optimasi untuk menilai peningkatan efisiensi. Metode yang digunakan adalah algoritma genetika, salah satu algoritma dari metode Local Search Heuristic untuk mengoptimalkan alokasi lapangan penumpukan. Data yang digunakan mencakup jarak tempat kapal sandar ke setiap lapangan penumpukan, kapasitas penumpukan kontainer, dan jumlah kontainer bongkaran dari setiap kapal. Simulasi dilakukan menggunakan Arena Simulation Software untuk memvalidasi hasil optimasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode algoritma genetika dengan parameter ukuran populasi sebesar 100, crossover rate sebesar 0.5, mutation rate sebesar 0.07, ukuran generasi efektif dalam menemukan solusi terbaik untuk alokasi lapangan penumpukan kontainer. Hasil optimasi menunjukkan bahwa terjadi pengurangan total jarak tempuh truk sebesar 16.74%, pengurangan ketidakseimbangan jumlah kontainer antar lapangan penumpukan sebesar 98.59% dan pengurangan waktu bongkar kontainer sebesar 21.07%.

Kata Kunci : Terminal peti kemas, alokasi lapangan penumpukan, Local Search Heuristic, algoritma genetika, simulasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Container terminal, yard allocation, Local Search Heuristic, genetic algorithm, simulation
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: stfathirah s
Date Deposited: 14 Nov 2024 01:17
Last Modified: 14 Nov 2024 01:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39465

Actions (login required)

View Item
View Item