STRATEGI BISNIS PRODUK KECAP PT. ADINATA DI MAKASSAR = BUSINESS STRATEGY OF SAUGE PRODUCTS OF PT. ADINATA IN MAKASSAR


Bastian, Fadliari (2024) STRATEGI BISNIS PRODUK KECAP PT. ADINATA DI MAKASSAR = BUSINESS STRATEGY OF SAUGE PRODUCTS OF PT. ADINATA IN MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A012222116_tesis_31-07-2024 cover1.jpg

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A012222116_tesis_31-07-2024 bab I-II(FILEminimizer).pdf

Download (405kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A012222116_tesis_31-07-2024 dapus(FILEminimizer).pdf

Download (394kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A012222116_tesis_31-07-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 13 November 2026.

Download (983kB)

Abstract (Abstrak)

Rencana bisnis adalah dokumen terperinci yang menjelaskan tujuan, strategi, pasar, dan aspek keuangan dari suatu usaha untuk mencapai keberhasilan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan usaha PT. Adinata dengan analisis SWOT. Penelitian ini juga menganalisis visualisasi portofolio produk dengan menggunakan QSPM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus (observational case studies) dengan pendekatan kualitatif. Karena pada penelitian ini, penulis beranjak dari studi kasus yang menghasilkan input data kualitatif (persepsi manusia) melalui wawancara secara lansung. Lebih lanjut, data kualitatif tersebut akan diolah dengan menggunakan analisis SWOT yang dilanjutkan QSPM dimana hasil analisisnya kemudian disimpulkan kembali melalui penjabaran hasil analisis yang berbentuk kualitatif. Berdasarkan hasil analisis menggunakan matriks SWOT, ditemukan 8 strategi alternatif yang dapat dijalankan oleh PT. Adinata. Kedelapan strategi alternatif tersebut dapat dilihat sebagai berikut: melakukan ekspansi pasar, inovasi produk, kualitas produk, pemasaran yang agresif, meningkatkan branding, membangun kemitraan dan aliansi penetrasi harga, dan pengembangan kanal distribusi. Lebih lanjut, dari hasil analisis QSPM dapat diketahui bahwa perusahaan dapat mengalokasikan sumber daya dengan lebih efisien untuk strategi-strategi yang memberikan dampak terbesar dalam mencapai tujuan strategisnya.

Keywords : SWOT, QSPM, Strategi Bisnis.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: SWOT, QSPM, Business Strategy.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Nov 2024 01:46
Last Modified: 19 Nov 2024 01:46
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39445

Actions (login required)

View Item
View Item