Pradana, Fadil (2024) ANALSIS STRATEGI BISNIS PERUSAHAAN ASURANSI KREDIT CABANG MAKASSAR (STUDI KASUS PERUSAHAN PT. ASKRINDO CABANG MAKASSAR) = AN ANALYSIS OF BUSINESS STRATEGI OF CREDIT INSURANCE COMPANY OF MAKASSAR BRANCH: A CASE STUDY OF PT. ASKRINDO OF MAKASSAR BRANCH. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
A012221065_tesis_31-07-2024 cover1.png
Download (178kB) | Preview
A012221065_tesis_31-07-2024 1-2(FILEminimizer).pdf
Download (1MB)
A012221065_tesis_31-07-2024(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only until 12 November 2026.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Analisis Strategi Bisnis Perusahaan Asuransi Kredit Cabang Makassar (Studi Kasus Perusahaan PT. ASKRINDO Cabang Makassar) Fadil Pradana, Abd. Rahman Kadir, Mursalim Nohong.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi lingkungan eksternal yang mempengaruhi daya saing, mengidentifikasi keunggulan kompetitif dan menentukan alternatif strategi dalam keunggulan bersaing pada PT. Asuransi Kredit Indonesia Cabang Makassar. Untuk mengimplementasikan tujuan penelitian maka dilakukan observasi, interview, dokumentasi dan kuesioner, dengan teknik analisis data menggunakan analisis swot, matriks faktor strategi internal (ifas), matriks faktor strategi eksternal (efas), matriks twos, matrik space, matrik ie dan matriks qspm. Hasil penelitian menerangkan bahwa faktor lingkungan eksternal yang mempengaruhi daya saing PT. ASKRINDO Cabang Makassar pada bisnis asuransi yakni Sulawesi Selatan merupakan pusat perekonomian wilayah timur Indonesia, adanya Kawasan industri khusus (KIMA), cakupan wilayah kerja yang luas dan adanya big 5 kompetitor dan kompetitor 56 perusahaan bidang asuransi dan 10 perusahaan di bidang penjaminan , sedangkan faktor yang menjadi keunggulan kompetitif yang dimiliki oleh PT. ASKRINDO Cabang Makassar untuk mampu bersaing dalam bisnis asuransi yakni berpengalaman pada bidang asuransi selama 52 tahun,memiliki produk asuransi dan penjaminan. Alternatif Strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan yaitu strategi pertumbuhan dengan menerapkan metode pengembangan pasar yakni terkait dengan fokus pada upaya meningkatkan ekspansi ke pasar baru dengan produk yang sudah ada atau produk yang telah di modifikasi.
Kata kunci : Perencanaan, penentuan strategi, metode QSPM
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Planning, Strategy determination, QSPM method. |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 02:43 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 02:43 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/39354 |